PIK REMAJA HAMKA JUARA LCC KRR

  • 01 Agustus 2011 10:23:22
  • 1685 views

PIK Remaja Himpunan Anak Muda Kaliagung (Hamka) yang diwakili oleh Susrita, Istanurdianto dan Vina Mertiana Tifani berhasil merebut predikat Juara I dalam Lomba Cerdas Cermat Kesehatan Reproduksi Remaja (LCC KRR) mengalahkan 16 kelompok pesaingnya dengan total nilai 1.715 yang digelar oleh Forum Komunikasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (FK-PIK Remaja) Kabupaten Kulonprogo, di Ruang Pertemuan BPMPDP dan KB, Jumat (29/7). Sementara Juara II direbut oleh PIK Remaja Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dengan total nilai 1.515 dan Juara III disabet oleh PIK Remaja SMA N 2 Wates dengan total nilai 830.


Dengan kemenangannya itu, Ketua Tim LCC KRR sekaligus Ketua PIK Remaja Hamka, Susrita, menyatakan kegembiraannya. Menurutnya ini adalah bonus atas kerja keras kelompoknya selama ini. Bukan saja dalam belajar ketika menghadapi lomba, tetapi juga kerja keras dalam melakukan advokasi dan KIE KRR di wilayah binaannya. Sejak berdirinya 13 Mei 2011 lalu hingga sekarang aktif melakukan penyuluhan masalah akibat pergaulan bebas dan bahaya hubungan seks pra nikah. Ini dilakukan tidak hanya di tingkat desa, tetapi sudah merambah ke tingkat pedukuhan. Tercatat, selama tiga bulan terakhir PIK Remaja HAMKA telah melakukan KIE KRR ke Pedukuhan Degung (28/5) dan Kemiri (2/7) dan dalam waktu dekat ini akan melakukan penyuluhan ke Pedukuhan Jetak.

Menurut Ketua Penyelenggara LCC KRR yang juga Ketua FK-PIK Remaja Kabupaten Kulonprogo Kasana menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan wawasan para remaja anggota PIK Remaja tentang Triad KRR yang terdiri atas masalah Seksualitas, Napza dan HIV/AIDS. Juga tentang hak-hak reproduksi remaja, ketrampilan advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) serta kecakapan hidup.


"Harapannya dengan pengetahuan dan wawasan yang cukup, akan mempengaruhi sikap dan perilakunya ke arah positif sehingga akan menjauhi hal-hal yang dapat memburamkan masa depannya," katanya.(-)