BUPATI KULON PROGO KUKUHKAN PENGURUS FORUM ANAK KULON PROGO

  • 27 Juli 2011 12:32:46
  • 2016 views

Komitmen pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak yang merupakan hak asasi manusia sudah semestinya dimiliki Bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia. Demikian diungkapkan Bupati Kulonprogo, Toyo S Dipo, dalam acara peringatan Hari Anak Nasional, di Gedung Kesenian Wates, Rabu (27/07).


Menurut Toyo S Dipo, hak-hak tersebut antara lain hak hidup dan kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi secara optimal, serta hak mendapatkan perlindungan kekerasan dan diskriminasi.


Peringatan Hari Anak Nasional di Kulonprogo kali ini mengusung tema "Anak Indonesia Berperilaku Sehat, Cerdas, Kreatif dan Berakhlak Mulia". Menurut Supriyo Adibawono, Ketua Panitia Peringatan HAN di Kulonprogo, penyelenggaraan HAN di Kulonprogo ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif stakeholder serta masyarakat pada umumnya dalam bidang kesehatan dan pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan, gizi, serta informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat.


Supriyo menjelaskan bahwa terkait dengan HAN 2011 ini, telah dilakukan serangkaian kegiatan, antara lain Kongres Anak Kulonprogo pada 1 Juni 2011, Sidang Paripurna Anak di Gedung DPRD DIY pada 27 Juni 2011, Pengiriman Duta Anak Asia Pasifik di Solo pada 28 Juni - 5 Juli 2011, Pengukuhan Pengurus Forum Anak Kulonprogo (FAKP) dan peresmian Sekretariat FAKP pada hari ini.


Pengukuhan dan peresmian Pengurus FAKP dilakukan oleh Toyo S Dipo kepada Trifani Mayka Ratri sebagai Ketua umum yang berasal dari SMA N 2 Wates, beserta 27 siswa sekolah menengah lainnya di Kulonprogo, dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang Lomba Balita Indonesia 2011.(-)