MUPEN KB MULAI DIOPERASIONALKAN

  • 27 Juli 2011 08:13:49
  • 1771 views

Walau belum ada anggaran, Mobil Unit Penerangan (Mupen) KB hasil pengadaan dengan dukungan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB, sejak pertengahan tahun ini telah dioperasionalkan. Pemutaran film perdana dilakukan pada hari Selasa, 31 Mei 2011 di Lapangan Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh dalam rangka ikut menyukseskan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa(TMMD). Pemutaran kedua dilaksanakan, Minggu, 24 Juli 2011 bertempat di Dusun Bantarejo, Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo dalam rangka kegiatan 17 Agustus an dan pemutaran film yang ketiga akan dilaksanakan Rabu (27/7) bertempat di Lapangan Desa Tayuban dalam rangka kegiatan 17 Agustus an bekerjasama dengan mahasiswa KKN dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Tim operasional Mupen yang selama ini aktif antara lain Setya Bakti Wisnugroho, SE, Supriyanto, SE, Sahlan, SPd dan Muhadi. Untuk penceramah selain dari BPMPDP dan KB juga memanfaatkan personil Kelompok Seni Peduli KB Kabupaten Kulonprogo.


Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDP dan KB Kabupaten Kulonprogo Drs. Mardiya, saat ditemui di kantornya, Selasa (26) menyatakan bahwa setelah pemutaran film di Panjatan, sudah ada beberapa mahasiswa KKN dari kecamatan lain yang menghubungi dirinya karena berminat untuk memberi hiburan pada masyarakat melalui media film yang mendidik. Bahkan ada beberapa desa dan tokoh masyarakat yang juga menyatakan berminat untuk kepentingan pemberian informasi pembangunan pada masyarakat luas.


Dijelaskan Mardiya, sebenarnya keberadaan Mupen KB dimaksudkan untuk membantu advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KB) sehingga program KB semakin melembaga di masyarakat, sehingga apapun kegiatannya, Mupen KB harus mampu memberi kontribusi dalam rangka lebih menggemakan program KB di masyarakat. Mengingat hingga saat ini belum ada biaya untuk operasional, maka ditempuh cara berkolaborasi dengan pihak lain sehingga kegiatan yang dilakukan akan memberi keuntungan pada kedua belah pihak. Di satu sisi dari BPMPDP dan KB dapat menginformasikan program dan kegiatan KB, di sisi lain, pihak yang diajak berkolaborasi tercapai apa yang menjadi tujuannya.


"Cara ini kami tempuh agar Mupen dapat memberi manfaat optimal pada masyarakat sehingga tidak menjadi pajangan saja. Toh program KB sekarang ini tidak tidak terlepas dengan program pembangunan lainnya yang muaranya adalah untuk pemberdayaan keluarga dan masyarakat hingga mencapai kehidupan yang sejahtera," kata Mardiya.(-)