KELOMPOK SENI PEDULI KB GELAR SIARAN RADIO

  • 04 September 2009 00:00:00
  • 2417 views
Walaupun hampir tidak ada dukungan finansial dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) selaku institusi yang bertanggungjawab dalam pembinaan dan fasilitasi, Kelompok Pelaku Seni Peduli KB Kabupaten Kulonprogo yang di motori oleh Sujendro, dkk. telah menunjukkan aktivitas nyata dalam rangka ikut menggaungkan kembali program KB di Kabupaten Kulonprogo. Salah satu bentuk aktivitas yang dilakukan adalah menggelar siaran radio secara rutin setiap hari Rabu, antara pukul 09.00 - 10.00 WIB dengan memanfaatkan Radio Suara Pasar Wates.
Siaran pertama dilakukan pada hari Rabu (19/8) dengan mengambil topik Sosialisasi Kelompok Seni Peduli KB, yang melibatkan Sujendro (pelawak), Anom Sucondro (dalang) dan Mamik (penyanyi campursari) selaku Pengurus Kelompok Seni Peduli KB, serta Mas Yadi dari Penyiar Suara Pasar. Siaran kedua dilakukan pada hari Rabu (26/8) dengan mengambil topik Membangun Keluarga Sejahtera, dan siaran ketiga Rabu (2/9) dengan mengambil topik tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Sementara ini siaran dilakukan dalam bentuk dialog antar pelaku seni, namun pada saatnya nanti akan dilakukan dalam bentuk dialog interaktif dengan para pendengar, juga dalam bentuk drama dan fragmen atau lainnya sesuai tuntutan masyarakat.
Menurut Ketua Kelompok Seni Peduli KB, Sujendro, saat ditemui di kediamannya, Kamis (3/9), kegiatan ini dilakukan atas inisiatif kelompok seni peduli KB. Adapun tujuannya selain untuk lebih menyosialisasikan program KB di masyarakat luas, juga untuk menunjukkan eksistensi kelompok seni peduli KB melalui media radio sekaligus untuk memberikan informasi berbagai kegiatan kelompok ini di masyarakat. Media radio digunakan sebagai sarana komunikasi karena selain biayanya lebih terjangkau, penyajiannya dapat lebih luwes dan hampir seluruh keluarga di Kulonprogo memiliki radio sebagai sumber informasi.

?Hingga saat ini, radio masih menjadi media komunikasi pilihan bagi banyak keluarga, apalagi penyajian siaran melalui radio sekarang ini telah banyak memiliki kemajuan baik dalam hal bentuk maupun pengemasannya. Oleh karena itu, radio kami gunakan sebagai salah satu media kami untuk menyebarluaskan informasi terutama yang berkaitan dengan program KB yang menjadi fokus garapan kelompok seni peduli KB? kata Sujendro.


Sumber berita: Drs. Mardiya
Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo
HP. 081328819945