KPU Kulon Progo Tetapkan Hasto-Tedjo Sebagai Pasangan Terpilih

  • 23 Juni 2011 11:07:43
  • 3793 views

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati Kulon Progo dan Wakil Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, S.PoG (K) dan Drs. H. Sutedjo sebagai paslon terpilih. Penetapan tersebut dilakukan Rabu (22/6), melalui rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilihan umum di KPU Kulon Progo. Rapat pleno tersebut dihadiri oleh Bupati Kulon Progo H. Toyo S Dipo, Paslon terpilih dr. Hasto Wardoyo, S.PoG (K) dan Drs. H. Sutedjo, Ketua Panwaslu Pujo Roso Satuhu, Saksi Paslon serta undangan yang lainnya.


Sebagaimana perhitungan-perhitungan sebelumnya, paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dr. Hasto Wardoyo, S.PoG (K) dan Drs. H. Sutedjo yang dalam Pemilukada ditetapkan sebagai pasangan nomor urut 4, masih menempati urutan teratas hasil perhitungan suara, jauh meninggalkan tiga rival paslon yang lain. Dalam rekapitulasi perhitungan suara yang telah dilakukan di 12 kecamatan se-Kulon Progo paslon yang dikenal dengan slogan SEHAT ini, berhasil memimpin dalam perolehan suara di 9 kecamatan dan hanya 3 kecamatan yang berhasil diungguli oleh paslon lainnya.


Dalam Berita Acara yang dibacakan oleh Ketua KPU Kulon Progo Siti Ghoniyatun,S.H, pasangan SEHAT berhasil mendapatkan suara sebanyak 105.965 suara. Disusul pasangan Drs. H. Mulyono dan Ahmad Sumiyanto, SE, MSi (NOTO) sebanyak 67.125 suara, pasangan Drs. Suprapta dan Drs. H. So'im,MM (Prakoso) sebanyak 42.516 suara dan pasangan Drs. Sarwidi dan Hartikah, S.Ag (SarTika) sebanyak 13.272 suara.


Sedangkan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap adalah 349.906 orang dan telah menggunakan hak pilih sebanyak 243.498 orang. Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilih berjumlah 106.408 orang dan pemilih dari TPS lainnya berjumlah 394 orang. Selanjutnya, dari jumlah suara yang menggunakah hak pilihnya serta dinyatakan sebagai suara sah sebanyak 228.878 suara dan suara tidak sah berjumlah 15.014 suara sehingga keseluruhan suara berjumlah 243.892 suara.


Sementara itu, menanggapi hasil perhitungan suara yang secara resmi telah diumumkan oleh KPU, bupati terpilih dr. Hasto Wardoyo, S.PoG menyatakan menerima hasil tersebut dengan ucapan syukur. Karena
menurutnya, hasil yang telah didapatkan merupakan hasil yang sangat spektakuler dan di luar dari prediksi sebelumnya. Untuk itu, dirinya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kulon Progo yang telah berpartisipasi dalam Pemilikada dan berhasil menempatkan paslon SEHAT sebagai yang terbaik.


Disinggung mengenai program selanjutnya, dr. Hasto Wardoyo, S.PoG mengungkapkan bahwa dirinya akan menjadikan program rintisan yang telah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya sebagai ‘jembatan emas' menuju Kulon Progo yang sejahtera dan bisa mengejar segala ketertinggalannya. "Kami akan menjadikan proyek-proyek yang telah dirintis sebagai jembatan emas untuk membangun Kulon Progo selanjutnya. Namun saat ini, tentu saya masih harus mempersiapkan semuannya karena saya harus belajar untuk meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya sebagai dosen dan juga dokter dan selanjutnya
berkonsentrasi untuk membangun Kulon Progo," katanya.(-)