KULON PROGO SALAH SATU KABUPATEN DENGAN KINERJA TERBAIK NASIONAL

  • 26 April 2011 12:44:54
  • 2250 views

Kabupaten Kulon Progo mendapatkan penghargaan 10 Besar Nasional Kinerja Kabupaten se Indonesia. Penghargaan ini disampaikan Wakil Presiden kepada Bupati Kulon Progo pada Hari Otonomi Daerah yang dilaksanakan 25 April 2011 di Balaikota Bogor. Penetapan kabupaten dengan kinerja terbaik ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 120-276 Tahun 2011.


Evaluasi kinerja daerah telah dilakukan Kementerian Dalam Negeri dengan melihat seluruh pencapaian kinerja seluruh urusan yang dilaksanakan kabupaten/kota dan kunjungan lapangan yang telah dilakukan bulan lalu. Evaluasi ini mendasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 dan secara operasional ditetapkan melalui Permendagri Nomor 73 Tahun 2009 tentang Tatacara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Capaian kinerja diukur dari indikator-indikator tataran pengambilan kebijakan, tataran pelaksana kebijakan dan kinerja penyelenggaraan urusan serta inovasi yang telah dilakukan daerah.


Menurut Budi Wibowo,SH.MM., Sekretaris Daerah menyatakan pencapaian ini perlu diapresiasi karena merupakan satu-satunya Kabupaten di Propinsi DIY dan peringkat kinerja terbaik diantara 398 Kabupaten se Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti keberhasilan Kabupaten Kulon Progo dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pelayanan publik di era otonomi daerah.(-)