KELIMA PASANGAN BALON LENGKAPI PERSYARATAN PEMILUKADA KULON PROGO

  • 30 Maret 2011 13:51:50
  • 2228 views

Lima pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Kulonprogo sudah melengkapi persyaratan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Ketua KPUD Kulonprogo Siti Ghoniatun, SH mengatakan sampai batas akhir, Senin (28/3) pukul 00.00 WIB, pihaknya sudah menerima seluruh kekurangan persyaratan pendaftaran yang harus dilengkapi oleh kelima pasangan balon.
Menurutnya, persyaratan pendaftaran secara administrasi sudah lengkap. Meski demikian KPUD masih akan melakukan verifikasi faktual secara substantif terhadap persyaratan pendaftaran pasangan balon.
"Verifikasi faktual persyaratan akan dilaksanakan hingga Senin (11/4) mendatang," kata Siti Ghoniatun di kantornya, Rabu (30/3).
Kelima pasangan balon bupati dan wakil bupati yang sudah melengkapi persyaratan adalah pasangan balon dari unsur perseorangan Ir.RM Condroyono-Indreswari Suroto ST MP, dr.Hasto Wardoyo,SpOG.(K)-Drs.H.Sutedjo (PDIP, PAN, dan PPP), Drs.Suprapto-Drs.H.So'im,MM (Partai Golkar, Gerindra, PDK, PKPB, dan PKNU), Drs.H.Mulyono-Ahmad Sumiyanto,SE,Msi (Demokrat dan PKS), dan pasangan Drs.Sarwidi-Hartikah,S.Ag (PKB).
Selain melakukan verifikasi faktual persyaratan pendaftaran pasangan balon, juga melakukan verifikasi faktual sekitar 9.000 dokumen dukungan dari pasangan balon dari unsur perseorangan.
Dukungan tersebut untuk melengkapi persyaratan pasangan balon dari unsur perseorangan minimal 5 persen atau sekitar 23.526 orang yang mempunyai hak pilih di Kabupaten Kulonprogo.
Sementara itu, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan balon akan dilakukan pada hari Senin dan Selasa (4-5 April) di RSUD Wates oleh tim dokter yang ditunjuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Pemilukada Kulonprogo dijadwalkan berlangsung 19 Juni 2011 mendatang. (-)