SMP N 2 SAMIGALUH GELAR PENYULUHAN KRR

  • 28 Februari 2011 08:48:50
  • 5325 views

Berlokasi di masjid lingkungan sekolah, SMP N 2 Samigaluh di bawah pimpinan Sugiyono, SPd serta pembina pramuka Drs. Sudarsono, Eko Wibowo, SPd dan Kirmudi, SPd menggelar penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dengan sasaran anggota pramuka kelas VII dan VIII sebanyak 127 siswa. Para pembicara adalah Bidan Ika dari Puskesmas Samigaluh, Desy Trisnawati dan Budiyanto dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Brayat Pesing, Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubid Advokasi dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) Kabupaten Kulonprogo Drs. Mardiya dan Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Samigaluh Dra. Suprihatin serta para pengurus PIK Remaja Brayat Pesing Heru Fitoyo, Siwi, Khoirul Kristansi, Agung Nugroho dan Sufrul Jamil. Materi penyuluhan adalah masalah tumbuh kembang anak, kenakalan remaja dan permasalahan seksual remaja termasuk kehamilan di luar nikah.

Menurut Ka SMP N 2 Samigaluh, Sugiyono, SPd kegiatan penyuluhan KRR itu sendiri terlaksana berkat kerjasama dengan PIK Remaja Brayat Pesing yang belakangan ini aktif melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah SLTP dan SLTA di lingkungan kecamatan Samigaluh. Menurutnya ini sesuatu yang positif, karena dengan adanya penyuluhan tentang KRR ini akan menjadi bekal pengetahuan bagi siswa-siswinya yang sedang tumbuh memasuki masa pubertas, Mereka perlu diberi bekal, karena rata-rata mereka masih sangat tabu dan tidak tahu tentang kesehatan reproduksi remaja, apa yang harus dilakukan dan bagaimana mengantisipasinya bila sewaktu-waktu terjadi permasalahan terkait dengan KRR. Dengan adanya bekal pengetahuan ini, para siswa tentu akan menjadi berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku. Tidak gegabah dalam bergaul dengan lawan jenis dan tidak mudah tergoda dengan rayuan yang mengarah pada pelecehan seksual dan perbuatan negatif lainnya.

Sementara itu, Ketua PIK Remaja Brayat Pesing Desy Trisnawati menyatakan kegembiraannya atas tanggapan positif guru dan siswa atas program dan kegiatan yang dilakukan oleh kelompoknya. Ini tentu akan menjadi salah satu upaya yang efektif untuk menekan kasus-kasus KRR baik yang berkaitan dengan seksualitas, napza dan minuman keras maupun HIV/AIDS di wilayah kecamatan Samigaluh. Selain itu juga akan memberi kontribusi positif terhadap upaya menekan laju perilaku negatif remaja di Kulonprogo yang belakangan cenderung meningkat bila tidak ada upaya antisipasi yang optimal.

"Sesudah penyuluhan di SMP N 2 Samigaluh, akan dilanjutkan dengan penyuluhan di SMA N 1 Samigaluh dan sekolah-sekolah lain yang selama ini belum tersasar oleh PIK Remaja Brayat Pesing. Kami tidak akan pernah merasa lelah melakukan hal ini, karena itu merupakan wujud tanggung ujawab kami sebagai generasi muda untuk menyelamatkan adik-adik kami agar tidak terjerumus dalam perbuatan nista," kata Desy.

 

Sumber berita: Drs. Mardiya

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo

HP. 081328819945