BPPM KUNJUNGI KSP-KB KULON PROGO

  • 23 Februari 2011 13:04:34
  • 2392 views

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Provinsi DIY melalui staf Bidang KB, yakni Heru Triyono, SKM, Widowati Tyas Utami, SIP, Sugiyarno dan Bapak Budi, Selasa (22/2) melakukan kunjungan pembinaan terhadap Kelompok Seni Peduli Keluarga Berencana (KSP-KB) Kabupaten Kulonprogo. Selain itu juga melakukan monitoring terhadap bantuan dana hibah Gubernur DIY senilai Rp 3 juta yang diharapkan menjadi modal awal untuk pembuatan lagu "Rabine Diundur Wae" yang menghabiskan total biaya sekitar Rp. 10 juta rupiah. Rombongan BPPM diterima oleh ketua KSP-KB Sudjendro, Koordinator Seksi Humas Drs. Mardiya, Seksi Kreasi Budi Jolong dan seniman serba bisa Mamik Suparmi di kediaman Budi Jolong, Terbah Pengasih.

Heru Triyono mengungkapkan sebenarnya sudah lama BPPM berkeinginan mengunjungi KSP-KB Kulonprogo, karena kelompok ini merupakan kelompok masyarakat peduli KB yang kelahirannya dibidani oleh BPPM dan dimediasi oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) Kabupaten Kulonprogo. Dirinya sebenarnya sudah mendengar bahwa aktivitas KSP-KB sudah sangat beragam dengan frekuensi yang tinggi sehingga merupakan kelompok seni pendukung KB yang paling aktif di DIY. Bahkan bukan hanya itu, KSP-KB Kulonprogo bahkan sudah go nasional dan internasional dengan terpublikasikannya KSP KB ini melalui media televisi dan internet.

Yang menarik menurut Heru, KSP-KB Kulonprogo ini merekrut cukup banyak personil dengan latar belakang seni yang beragam. Ada yang berlatar belakang sebagai MC, pelawak, pemain kethoprak, sindhen, penyanyi campursari, penggubah lagu, pengendhang, pemain elektone, penari, dhalang, bahkan ada yang berprofesi sebagai tukang foto/video shooting dan penulis di media massa. Ini merupakan kekuatan besar KSP-KB Kulonprogo untuk terus berkembang menyesuaikan tuntutan zaman.

"KSP-KB Kulonprogo memang patut dibanggakan, ini menjadi asset bagi pengelola program KB untuk mendukung KIE di lapangan sehingga apa yang menjadi keinginan BPMPDP dan KB Kulonprogo untuk menggaungkan kembali program KB di masyarakat akan dengan cepat tercapai. Apalagi sekarang ini KSP-KB telah rutin melakukan siaran radio dan KIE secara insidental melalui media wayang kulit dan acara-acara khusus pada orang hajatan/syukuran," kata Heru.

 

Sumber Berita:

Drs. Mardiya, Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDP dan KB Kab. Kulonprogo HP. 081328819945.