BULOG AKAN GANTI RASKIN YANG TAK LAYAK KONSUMSI

  • 28 Januari 2011 09:11:50
  • 1959 views

Bulog Divre Yogyakarta siap mengganti beras untuk keluarga miskin (Raskin) yang tidak layak konsumsi, dan untuk itu penerima diminta melapor kepada Satker kabupaten atau langsung ke Bulog melalui telpon atau SMS bila raskin yang diterima berkualitas jelek.

Hak itu ditegaskan Ketua Satker Raskin untuk Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Dedi Supriyadi, pada evaluasi pelaksanaan Raskin bulan Januari 2011 di aula Dinsosnakertrans Kulon Progo, Kamis (27/1).


Evaluasi diikuti oleh segenap satker kabupaten dan 12 kecamatan serta dihadiri Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada BPPM Provinsi DIY Drs Seno Atmojo MSi dan Kepala Disnakertrans Kulon Progo Drs Riyadi Sunarto.


Selama ini, pihaknya terus mengupayakan agar raskin yang didistribusikan kepada masyarakat berkualitas standar. Namun demikian karena jumlah yang didistribusikan cukup besar, ada kemungkinan terselip beras yang mutunya jelek.


"Oleh karenanya, bila masyarakat menemukan beras yang mutunya jelek langsung saja dilaporkan. Dalam waktu 24 jam kami akan menggantinya," kata Dedi.


Dijelaskan pula oleh Dedi, sesuai dengan permintaan pemerintah, Raskin adalah beras dengan kualitas medium, atau kalau dalam istilah yang lebih umum adalah beras kualitas IV. Kualitas itu tentu tidak bisa disamakan dengan kualitas beras yang beredar di pasaran. "Masyarakat harus memahami hal tersebut," katanya.


Sementera Riyadi Sunarto menghimbau agar seluruh anggota satker kabupaten dan kecamatan bekerja keras agar pelaksanaan Raskin di Kulon Progo tahun 2011 lebih baik dari tahun lalu. Tahun lalu, masih ada beberapa permasalahan yang muncul, seperti kualitas beras jelek atau komplain dari pihak yang tidak mendapatkan jatah.


"Saya harapkan hal-hal tersebut tidak muncul lagi. Upayakan agar permasalahan bisa diselesaikan secara berjenjang dari tingkat desa hingga Satker Provinsi, sehingga tidak menjadi isu yang meresahkan masyarakat," ikatanya menambahkan. (-)