PIK REMAJA "GUBUK ANOM" GELAR DISKUSI AIDS

  • 29 Desember 2010 09:07:00
  • 2157 views

Dalam rangka memperingati Hari AIDS se Dunia Tahun 2010, PIK Remaja "Gubuk Anom" Sentolo Kulonprogo menggelar diskusi tentang AIDS yang diikuti tidak kurang dari 100 remaja se Kecamatan Sentolo, di Balai Desa Sukoreno, Sabtu (18/12). Hadir dan memberi sambutan pada acara tersebut, Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. H. Mulyono. Camat Sentolo H. Rudy Widiatmoko, SSos dan Kades Sukoreno, Hj. Sarinem Sastrodiatmodjo. Turut hadir dalam acara tersebut Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BPMPDP dan KB Drs. Mardiya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kulonprogo Bima Prasetya, SH, Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Anugrah Wijayanto dan Thomas Dwiakto, dari unsur Dinas Kesehatan Arif Mustofa dan Kabag Kesra Desa Sukoreno, Windhu Istanto, SH.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kulonprogo Drs. H. Mulyono menyatakan bahwa peringatan Hari AIDS se Dunia penting untuk diperingati setiap tahun mengingat sekarang ini bahaya HIV/AIDS telah melanda seluruh dunia termasuk Indonesia yang mengancam tidak saja masa depan remaja itu sendiri, tetapi juga masyarakat dan bangsa. Di Kabupaten Kulonprogo sendiri kasus HIV/AIDS telah berkembang cukup pesat sehingga patut diwaspadai dan diperlukan upaya sungguh-sungguh untuk menanggulanginya. Apalagi kasus ini mengikuti fenomena "Gunung Es" Namun demikian, kepada mereka yang positif terhadap HIV ataupun AIDS kita tidak boleh memberikan stigma ataupun mendiskriminasi.

Menurut ketua PIK Remaja "Gubuk Anom" Kasana yang didampingi Sidik, Indah, Nurlela, Herman, Dwi, Tinton, Tavip, Bety, Dodik, dan Agus mengatakan peringatan Hari AIDS se Dunia yang diselenggarakan oleh kelompoknya dimaksudkan untuk menyadarkan kembali pada para remaja akan bahaya HIV/AIDS dan sama-sama peduli untuk menjauhinya dengan tidak melakukan perilaku yang beresiko terhadap penularan khususnya berperilaku seks bebas. Guna memeriahkan suasana, sebelum acara diskusi digelar, telah diputar film buatan PIK Remaja "Gubug Anom" seputar pandangan dan pendapat para remaja terhadap bahaya HIV/AIDS, cara penularan dan upaya mengantisipasinya.

 

Sumber Berita: Drs. Mardiya, Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BPMPDP dan KB Kulonprogo, DIY.

HP. 081328819945.