KULON PROGO MEMPEROLEH BANTUAN 50 KOMPOSTER DARI PPLH REGIONAL JAWA Kabupaten

  • 29 Oktober 2010 13:19:19
  • 2303 views

Kulonprogo melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten memperoleh bantuan 50 buah komposter dari Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH). Ke-50 komposter rumah tangga berupa tempat yang direkayasa sedemikian rupa  dan digunakan sebagai tempat pemrosesan sampah organik menjadi kompos itu, diserahkan oleh Kepala PPLH Regional Jawa, Barlin,SH,MS, dan diterima Ketua Tim
Penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo Ny.Hj.Wiwik Toyo S Dipo, di gedung PKK setempat, Jum'at (29/10). Kepala PPLH Regional Jawa Barlin berharap bantuan yang baru saja  diserahkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Pengalaman sebelumnya di suatu  daerah diberikan bantuan yang sama, meskipun pemerintah daerah setempat telah mensuport, namun tidak didayagunakan.


"Pengalaman lalu ada daerah yang kami bantu, pemda sudah mensuport, tetapi tidak dimanfaatkan, semoga tidak terjadi di Kulonprogo ini," pintanya. PPLH Regional Jawa sebagai instansi pusat di bawah Kementerian Lingkungan Hidup terus mendorong kepada masyarakat untuk sadar terhadap pengelolaan lingkungan. Asumsi saat ini di masyarakat membuang sampah sembarangan, seperti  terlihat di jalan-jalan raya sudah sangat memprihatinkan.  "Hal ini karena tipikal masyarakat kita yang melepaskan tanggung jawab bersama, bahwa pemerintah telah menyediakan instansi pengelola kebersihan, sehingga masyarakat kurang peduli untuk disiplin dalam membuang sampah," katanya.


Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo Ny. Hj. Wiwik S Dipo berterima kasih atas bantuan yang telah diterima. Hal ini nantinya akan disinkronkan dengan program kegiatan di dalam lima pilar desa Sejahtera di Hargotirto, Kecamatan Kokap, binaan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang baru diresmikan beberapa hari lalu oleh Ibu Hj.Ani Yudhoyono, yang didalamnya juga terdapat kepedulian dalam lingkungan hidup. (-)