TERBENTUK, FORUM KOMUNIKASI KELOMPOK PIK REMAJA KABUPATEN KULON PROGO

  • 25 Oktober 2010 08:43:23
  • 2479 views

Setelah melalui musyawarah yang berlangsung secara dinamis, para wakil kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Kulonprogo baik jalur sekolah maupun non sekolah, Jumat (22/10) di Ruang Pertemuan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB)  Kabupaten Kulonprogo,  berhasil menyepakati untuk membentuk Forum Komunikasi Kelompok PIK Remaja Kabupaten Kulonprogo yang selanjutnya akan berkiprah membantu menyosialisasikan masalah Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di kalangan para remaja Kulonprogo. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Badan PMPDP dan KB  Drs. Rosyaduddin yang diwakili oleh Plt Kabid KB Drs. Harminto, MM, Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi Drs. Mardiya, dan para guru pembina/pendamping PIK Remaja Jalur Sekolah.

Adapun  komposisi kepengurusan dari Forum Komunikasi Kelompok PIK Remaja Kabupaten Kulonprogo tersebut adalah sebagai berikut:  Ketua 1: Kasana (PIK Remaja Gubug Anom),  Ketua 2 : Muh Dynta ANS (PIK Remaja SMA 2 Wates),  Sekretaris  1: Sumiarti (PIK Remaja Hargotirto),  Sekretaris  2: Atika Puji Lestari (PIK Remaja SMK N 1 Panjatan),  Bendahara  1:  Kristiana Desi (PIK Remaja Brayat Pesing Samigaluh), Bendahara  2: Tantri Puspitasari (PIK Remaja SMK N 1 Pengasih). Sementara seksi-seksinya adalah sebagai berikut: Seksi Organisasi: 1. Budiyanto (PIK Remaja Brayat Pesing Samigaluh),  2. Tarmiyati (PIK Remaja SMA Maarif Wates) 3. Dwi Handayani (PIK Remaja SMA N 1 Kalibawang, 4. Solikhul Hadi (PIK Remaja Kencana Wates); Seksi Pelatihan dan Pendidikan: 1. Okta Sanjarwati (PIK Remaja Wates)  2. Reni Widyawati (PIK Remaja SMA N 2 Wates),  3. Ninin Printiani (PIK Remaja SMK N 1 Pengasih); Natalia Desi Trijayanti (PIK Remaja Kencana); Seksi Komunikasi: 1. Wahyu Purnomo (PIK Remaja Temon), 2. Wiji Taqwim (PIK Remaja SMA N 1 Kalibawang), 3. R. Drajad Sampurno Jati (PIK Remaja SMA Maarif Wates), Suryono 3. Yusaryadi (PIK Remaja Lendah).

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi  Badan PMPDP dan KB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya, menyatakan kegembiraannya atas terbentuknya forum yang dapat dijadikan ajang tukar pikiran sekaligus gagasan untuk mengembangkan PIK Remaja di Kulonprogo. Oleh karena itu, ia berharap dalam waktu dekat forum dapat segera mengadakan rapat pembahasan program dan kegiatan.  Dikatakan oleh pembina PIK Remaja di tingkat kabupaten ini, program-program yang dapat disusun  adalah program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Target yang ingin dicapai adalah masalah yang berkaitan dengan KRR di Kulonprogo makin dapat diminimalisir, para remaja makin memiliki kesadaran dan kepedulian untuk menjaga kesehatan organ reproduksinya dan segenap komponen masyarakat menjadi lebih peduli dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan program KRR khususnya PIK Remaja di Kulonprogo.

"Sekarang ini program KRR  yang berubah menjadi program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja  (PKBR)  hanya berurusan dengan masalah KRR saja, tetapi sudah merambah ke berbagai persoalan kehidupan lainnya dalam rangka menyiapkan masa depan remaja yang lebih baik sebelum memasuki jenjang perkawinan. Dengan demikian kegiatannya tidak sebatas penyuluhan dan KIE, tetapi juga masalah kecakapan hidup (life skill) , pemahaman akan hak-hak reproduksi dan berbagai aktivitas ketrampilan dan seni sesuai bakat masing-masing"  kata Mardiya.

 

Sumber berita: Drs. Mardiya

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo

HP. 081328819945