PUNCAK HARGANAS KULONPROGO DIPUSATKAN DI GEDUNG KACA

  • 23 Juni 2009 00:00:00
  • 2645 views
Setelah sekian lama puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kabupaten Kulonprogo diselenggarakan secara rolling di beberapa kecamatan baik wilayah selatan, tengah dan utara, untuk tahun ini penyelenggaraan puncak acara akan dipusatkan di Gedung Kaca Wates, Kompleks Pemda Kulonprogo. Namun demikian, partisipasi dan kontribusi seluruh kecamatan di Kulonprogo (12 kecamatan) diharapkan tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya bahkan diharapkan dapat berjalan lebih optimal. Bentuk partisipasi yang dimaksud di antaranya dalam pengerahan massa untuk gerak jalan keluarga, ekspose produk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), dan sebagainya. Juga dalam aktivitas dukunga kegiatan lainnya seperti bakti sosial, ziarah, dan lai-lain.
Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) Kabupaten Kulonprogo Drs. Krissutanto yang didampingi Kabid KB Drs. HM Dawam dan Kabid KS Drs. Harminto, MM, saat dikonfirmasi di kantornya, Senin (21/6). Ditambahkan oleh Krissutanto, untuk tahun 2009 ini, peringatan Harganas yang merupakan peringatan ke-16 mengambil tema ?Dengan Semangat Harganas Kita Bangkitkan Pembangunan Kepedudukan dan Keluarga Berencana? dengan motto ?Melalui Keluarga Membangun Bangsa untuk Mencapai Millenium Development Goals (MDGs)?. Adapun tujuannya mencakup enam hal, yaitu: Pertama, meningkatnya komitmen Pemerintah, Legislatif dan Yudikatif untuk melanjutkan dan mengembangkan pembangunan keluarga kecil bahagia sejahtera seperti yang diharapkan dalam pelaksanaan MDGs; Kedua, meningkatnya kepedulian dan peran serta tokoh dan lembaga masyarakat untuk terus dan berkesinambungan peduli akan pelaksanaan program KB dalam upaya membangun keluarga kecil bahagia sejahtera; Ketiga, menigkatnya peran keluarga melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan keluarga yang tangguh; Keempat, terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi permasalahan yang melingkupi kehidupan keluarga; Kelima, meningkatnya pemahaman dan pelaksanaan hak-hak reproduksi untuk mempercepat pencapaian target ICPD lima tahun mendatang, dan Keenam, masyarakat mengenal, mengingat dan meresapi arti Harganas, sehigga semakin menghayati pentingnya KB untuk membangun keluarga kecil bahagia sejahtera.
Menurut Krissutanto, dalam rangka mendukung pencapaian tujuan peringatan Harganas, pihak Badan PMPDP dan KB Kabupaten Kulonprogo telah menyiapkan berbagai kegiatan menyogsong Harganas yang puncaknya direncanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Juli 2009. Berbagai kegiatan tersebut antara lain berbagai kegiatan lomba (Kader IMP, PLKB, Kelompok BKB, Kelompok PIK-KRR, Keluarga Harmonis, kelompok UPPKS, BKL, Kelompok KB Pria, Lomba Penyuluhan dan Cerdas Cermat KRR, dsb), Dialog Interaktif Harganas Melalui Radio, Seminar Tumbuh Kembang Anak Remaja, Pelayanan KB, Temu Muka Penurus FK IMP dan IPeKB dengan Bupati, serta ziarah ke makam mantan karyawan eks BKKBN Kulonprogo yang sudah meninggal. Sementara pada acara puncak, selain akan dibagikan hadiah berbagai lomba, juga akan dilakukan gerak jalan keluarga yang melibatka ribuan orang, gelar produk UPPKS, Dialog Remaja tentang KRR, Launching Buku Membangun Keluarga Bersama PKK, pemberian bantuan sosial untuk keluarga kurang mampu dan pentas seni baik oleh kelompok BKB maupun seniman Kulonprogo.
?Kami berharap peringatan Harganas tahun ini selain dapat berlangsung meriah denga dukungan partisipasi seluruh komponen masyarakat, inti dan makna dari peringatan itu sendiri semakin dipahami oleh masyarakat yakni membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera sebagai pilar untuk membangun bangsa yang maju dan mandiri?, kata Krissutato.

Sumber berita: Drs. Mardiya
Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo
HP. 081328819945