INVESTOR KOREA LIHAT KULONPROGO

  • 21 Juli 2010 08:37:51
  • 2479 views

Guna melihat potensi yang ada beberapa pengusaha dari Korea Senin kemain berkunjung ke Kulonprogo. Mereka dari Surimi Co Ltd, diterima Bupati Kulon Progo dan beberapa pejabat jajarannya.

Menurut Bupati Kulon Progo rombongan ini melakukan kunjungan balasan dari kunjungan Bupati Kulon Progo Toyo S Dipo pada bulan April lalu ke kota Busan. Sewaktu Kulon Progo menawarkan berbagai potensi kelautan serta kerja sama

Rombongan tersebut dipimpin oleh Dong Ick Lee dan Soo Yong Choi, di samping melakukan pembicaraan tamu dari Korea ini melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Ikan Tanjung Adi Karta Mereka juga melihat lokasi kemungkinan bakal didirikan pabrik di sana.

Soo Yong Choi dari Surimi Co.Ltd mengatakan perusahaannya ingin mengembangkan pabriknya. Menurutnya memiliki perusahaan di Korea Selatan, Surimi Co.Ltd juga memiliki pabrik ikan di Thailand.

Soo Yong Choi menjelaskan kedatangannya ke Kulon Progo untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo. Menurutnya, perusahaannya membutuhkan 30 ribu ton ikan per tahun untuk pembuatan tepung ikan. Kunjungann tersbut dalam rangka memastikan apakah potensi ikan di Kulon Progo mampu mencukupi kebutuhan per tahunnya. Selain itu, juga ingin tahu seberapa lengkap sarana dan prasarana yang ada di
Kulon Progo.

"Kami ingin memastikan, potensi ikan di Kulon Progo mencukupi kebutuhan kami atau tidak. Kami butuh jaminan itu, agar perusahaan kami tak merugi nantinya,"ujarnya.

Bupati Kulon Progo Toyo S Dipo menegaskan bahwa pemkab siap memberikan fasilitas untuk memudahkan masuknya investor ke Kulon Progo.

Dalam hal perijinan Pemkab jujga akan memfasilitas dengan kemudahan, masalah infrastruktur akan dibantu sedapat mungkin. Sedangkan mengenai kebutuhan ikan yang diinginkan oleh investor, menurutnya potensi ikan Kulon Progo cukup besar.

Menurut Toyo apabila perairan Kulon Progo dipandang potensinya kurang banyak, maka siapakan dikomunikasikan dengan daerah lainnya.. "Pada intinya pemkab bersedia membantu investor yang akan masuk ke Kulon Progo," ujar Toyo.

Dikatakan oleh Toyo, pelabuhan Ikan di Kulon Progo ini ditargetkan akan dapat beoperasi pada awal 2011 yang akan datang.

Selain, pabrik tepung ikan juga sudah ada investor yang akan membangun coolstorange. "Tahap pertama, pelabuhan operasional mereka langsung akan membangun pabriknya," ujar Toyo. (-Media Center)