Pokdakan Argomino Maju Lomba Tingkat Nasional

  • 15 Juli 2010 08:24:44
  • 3232 views

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Argomino di Pedukuhan Dengok, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan mewakili Provinsi DIY pada lomba Usaha Perbenihan Rakyat (UPR) perikanan tingkat nasional. Verifikasi lapangan dikukan Rabu, (14/7) oleh tim penilai yang dipimpin oleh Ir Alfida Afda.

Hadir pada kesempatan itu Bupati H Toyo Santoso Dipo, PLH Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kulonprogo Ir Sudarno MMA, Kepala Dinas Perhut Ir Bambang Tri Budi Harsono, Camat Nanggulan Drs L Bowo Pristiyanto dan anggota Pokdakan setempat.

Menurut ketuanya Sumardi, Pokdakan Argomino dengan anggota 32 orang khusus melakukan usaha pembibitan gurami. Usaha itu sudah dimulai sejak sekitar 3 tahun lalu. Saat ini telah mempunyai 2 unit penetasan serta kolam pembesaran seluas 50 meter persegi.

"Untuk bibit, kami menyediakan berbagai ukuran, dengan harga bervariasi. Selama ini kami telah mampu menyuplai bibit bagi petani di Kulon Progo dan sekitarnya," ungkap Sumardi.

Dalam sambutannya Toyo menyatakan, pokdakan Argomino merupakan fenomena khusus bagi usaha perikanan di Klonprogo. Karena lokasi kelompok itu berada di kawasan pegunungan dengan areal lahan miring dan ketersediaan airnya minim.

Namun, katanya, warga setempat mampu menyulap menjadi kawasan perikanan yang produktif. Antara lain, dengan penggunaan kolam terpal dan mengambil air dari saluran irigasi menggunakan mesin diesel.

"Justru perkembangan gurami di sini lebih baik dibanding wilayah lain yang airnya lebih mudah diperoleh. Untuk penetasan pun kondisinya sangat cocok. Apalagi kemampuan dan penguasaan teknologi para petani sudah sangat mumpuni," tutur Toyo.

Sedang Alfida Afda mengatakan, dari penelitian berkas yang diajukan, Pokdakan Argomino masuk dalam jajaran 5 nominasi terbaik tingkat nasional usaha perbenihan rakyat. Empat kelompok yang lain adalah ‘Setuju Mekar (Jawa Barat), Windu Sultra (Sulawesi Teggara), Mama Minae (NTT) dan SMC Hichary (Bangka Belitung).

"Kalau dilihat secara fisik, Argomino mempunyai peluas besar untuk menjadi yang terbaik. Terutama untuk semangat petani dan pemanfaatn lahan yang sangat spesifik. Di daerah lain tidak ada budidaya perikanan yang dilakukan di wilayah pegunungan," tandas Alfida.(-Media Center)