Pelaksanaan Program Desa Cantik Kabupaten Kulon Progo 2023

  • 29 September 2023 00:00:00
  • 471 views

Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo terpilih sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023. Sehingga kalurahan ini, menjadi salah satu dari 230 Desa Cantik di Indonesia.

Kepala BPS DIY yang dalam hal ini diwakili oleh statistisi ahli utama Sentot Bangun Widoyono dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya, untuk meningkatkan literasi dari aparat kalurahan dan masyarakat, dan tentang kesadaran statistik.

”Karena selama ini data statistik di desa belum optimal”, katanya saat launching Desa Cantik di Kalurahan Margosari, Rabu (27/9/2023).

Ia berharap, desa bisa menjadi subjek/ujung tombak pembangunan dan tidak hanya sebagai obyek saja.

Dalam kesempatan tersebut Sentot sekaligus mencanangkan Desa Margosari, Kapanewon Pengasih sebagai Desa Cinta Statistik. Prosesi tersebut juga disaksikan oleh perwakilan dari BAPPEDA Kulon Progo, Perwakilan Diskominfo Kulon Progo, serta tamu undangan yg hadir pada acara tersebut

Setelah dilakukan pencanangan, prosesi selanjutnya adalah pengukuhan agen statsitik dari Kalurahan Margosari sebanyak lima orang yang dilakukan oleh Lurah Margosari. Nantinya para agen statistik tersebut akan berkolaborasi dengan tim Desa Cantik BPS Kulon Progo pada saat pelaksanaan pembinaan Desa Cantik

Di DIY saat ini, terdapat dua Desa Cantik yang telah dicanangkan BPS. Selain di Kalurahan Margoagung Seyegan Sleman, juga di Kalurahan Margosari Pengasih Kulon Progo.