4 Pokdakan di 3 Kapanewon, Terima Hibah Sarana Mina Surjan

  • 28 Juli 2023 00:00:00
  • 122 views

Wates, Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyerahkan bantuan hibah sarana Mina Surjan kepada 4 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di 3 Kapanewon. Penyerahan bantuan yang bersumber dari Dana Keistimewaan ini dilakukan secara simbolis di Pokdakan Trunogiri, Dobangsan, Giripeni, Wates, Jumat (28/7/2023).

Adapun kelompok yang mendapatkan bantuan yaitu Pokdakan Mina Aji Martani di Sogan Wates, Pokdakan Mina Makmur di Tawangsari Pengasih, Pokdakan Ngudi Mulyo di Pleret Panjatan, dan Pokdakan Trunogiri di Giripeni Wates. Masing-masing kelompok mendapat bantuan benih, blumbang/kolam terpal dan pakan ikan pembesaran.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Trenggono Trimulyo mengatakan, Mina Surjan merupakan bagian dari program Gerbang Segoro (Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong) yang merupakan pemberdayaan masyarakat mulai dari hulu sampai hilir, yang dilakukan secara terintegrasi dan sistematis. 

"Dalam kegiatan Mina Surjan, pilot projectnya di empat Pokdakan. Insyaallah jika berhasil, mohon dukungan lahan Surjan ini ditambah lagi kolamnya. Karena ternyata ini berkolaborasi terkait penyiraman, air kolamnya mengandung pupuk nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman," kata Trenggono.

Trenggono menjelaskan Gerbang Segoro dimulai dari tahapan cecikal atau penumbuhan, termasuk menumbuhkan Mina Surjan. Dengan konsep cecikal, inovasi bisa dilaksanakan terus termasuk penumbuhan Tempat Pelelangan Ikan yang Hebat ( Higieni, Ekonomis, Bersih, Akuntabel dan Terpercaya). Juga kepada Poklasar dengan merebranding Pasar Ikan Wates atau Piga menjadi pasar Sarwo Laris.

Ditambahkan Trenggono, dalam Mina Surjan juga akan disediakan pakan alami berupa penanaman Tales Bogor. Hal sesuai dengan konsep Mina Surjan yaitu mengurangi bahkan menghindari pakan pabrikan.

"Harapan kami ada peningkatan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Sedangkan PJ Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, Mina Surjan melambangkan kolaborasi pemenuhan kebutuhan pangan dan lauknya.

"Kami berterima kasih kepada Pemda DIY khususnya Paniradya Keistimewaan yang sudah mendukung program Mina Surjan," kata Ni Made.

Lebih lanjut Ni Made menuturkan, Mina Surjan sangat membantu masyarakat, terutama saat musim kemarau yang bisa mensuplai air untuk lahan pertanian.

"Semoga Mina Surjan berlanjut terus dan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat," tutur Ni Made.