Kalurahan Wates Mewakili Kulon Progo Maju Lomba Desa Tingkat DIY 2023 

  • 31 Mei 2023 00:00:00
  • 266 views

Wates, Kelurahan Wates mewakili Kulon Progo maju ke Lomba Desa / Kalurahan dan Kelurahan tingkat DIY 2023. Setelah melalui tahapan penilaian administrasi, selanjutnya lomba memasuki tahapan klarifikasi lapangan, dalam hal ini dilakukan oleh tim dari Pemprov DIY yang dilaksanakan di Balai kelurahan Wates, Rabu (31/5/2023).

Dr. Sukamto, SH, MH Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Pemprov DIY selaku pimpinan tim penilai mengatakan lomba ini bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan Kalurahan/Kelurahan di DIY, dan memberikan motivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Lomba ini juga memberikan motivasi kepada semua peserta untuk selalu meningkatkan pelayanan melaksanakan pembangunan di Kalurahan dan Kelurahan," kata Sukamto.

Selain hal tersebut, menurut Sukamto kegiatan ini juga sebagai media mencari pusat pembelajaran, pengkajian dan pengembangan bagi Kalurahan/Kelurahan lain di DIY maupun dari luar DIY.

"Ini juga untuk mencari laboratorium site sebagai tempat studi banding baik itu bagi Kalurahan dan Kelurahan ditingkat DIY maupun kelurahan atau desa di provinsi lain," tutur Sukamto.

Sementara itu Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan Kelurahan Wates merupakan satu-satunya Kelurahan di Kulon Progo yang tumbuh menjadi Kelurahan mandiri dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan swadaya masyarakat. Untuk itu dirinya berharap Kelurahan Wates mampu mempersiapkan dan menyajikan bahan penialaian lapangan ini.

"Besar harapan saya agar apa yang disampaikan ini mampu menjadi cerminan akan kondisi potensi dan gambaran kinerja pemerintahan Kalurahan Wates," kata Made.

Made juga berharap agar momentum Lomba Desa/Kalurahan dan Kelurahan ini dapat menjadi motivasi bagi Kalurahan/Kelurahan lainnya untuk ikut memajukan kondisi Kalurahan masing-masing dan administrasi pemerintahan yang telah berjalan dan tertata rapi untuk terus ditingkatkan.

"Bilamana Kalurahan maju, tentunya masyarakat kalurahan juga akan meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya," harap Made. MC Kab Kulon Progo/humas/tn/hr