CAPAIAN PB 2010 DIPASTIKAN MENINGKAT

  • 26 Mei 2010 09:12:27
  • 1929 views

Pencapaian Peserta KB Baru (PB) Tahun 2010 dipastikan meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. Secara kuantitas, peningkatan ini dapat dilihat dari capaian PB selama beberapa bulan terakhir yang cukup signifikan. Dengan adanya kegiatan TNI Manunggal KB-Kesehatan, pelayanan KB hingga bulan April 2010 telah memperoleh 2.161 akseptor atau 36,94 persen dari Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) PB sebanyak 5.850 akseptor.  Di bulan Mei ini, tepatnya Sabtu (22/5) bersamaan dengan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) VII dan Harganas XVII di Balai Desa Salamrejo, Kecamatan  Sentolo, telah dilayani 42 akseptor baru Implant selain cabut implant 3 dan cabut IUD 1 orang lewat Mobil Unit Pelayanan (Muyan) KB Keliling. Sementara dari segi kualitas, capaian PB yang menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang terdiri dari IUD, MOW, MOP dan Implant juga tampak ada peningkatan. Bila tahun lalu hanya sekitar  31 persen, saat ini  mencapai sekitar 33 persen. Capaian MKJP masih sangat dimungkinkan meningkat, karena KIE KB untuk MKJP terus diintensifkan.

Demikian dikatakan oleh Kasubid Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo Drs. Warsidi, di kantornya, Selasa (25/5) Ditambahkan oleh Warsidi, pasca pencanangan BBGRM dan Harganas, pihaknya telah menyiapkan dukungan alat kontrasepsi dan sarana lainnya termasuk mobil pelayanan untuk mendukung pelayanan KB selama pelaksanaan BBGRM di mana menurut rencana, Bupati Kulonprogo H. Toyo Santoso Dipo beserta jajarannya akan berkeliling  mengamati perkembangan upaya pemberdayaan masyarakat dan  pembangunan KB ke seluruh wilayah Kulonprogo mulai dari Kecamatan Kalibawang pada hari Senin (24/5), Girimulyo Selasa (25/5), Temon Kamis (27/5), Galur Sabtu (29/5), Kokap Senin (31/5), Pengasih Rabu (2/6), Nanggulan Kamis (3/6), Samigaluh Senin (7/6), Lendah Sabtu (9/6), Panjatan Selasa (10/6), dan berakhir di Kecamatan Wates pada pertengahan bulan Juli 2010 sebagai penutupan BBGRM dan Puncak Peringatan Harganas XVII Kabupaten Kulonprogo sekaligus tingkat Provinsi DIY yang juga akan dihadiri oleh Gubernur DIY  Sri Sultan Hamengkubuwono beserta isteri GKR Hemas. Pada saat itu juga akan dilakukan pelayanan KB dengan dukungan Muyan KB Keliling  dan Tim Medis dari RSUP Sardjito

Menurut Warsidi, hingga akhir tahun 2010, capaian PB diharapkan lebih dari 110 persen dari PPM. Harapan ini menurutnya bukanlah muluk-muluk, mengingat saat ini kelompok masyarakat peduli KB seperti Kelompok Seni Peduli (KSP) KB, Kelompok KB Pria, dan lain-lain telah bergerak membantu kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) melakukan penyuluhan secara intensif baik melalui pertemuan kelompok, pertemuan secara individu maupun melalui media elektronik (radio).

"Tahun ini kami merasa sangat tertolong dengan adanya kelompok masyarakat peduli KB yang nyata-nyata keberadaannya mampu memberikan nuansa baru dari motivasi dan KIE KB di masyarakat", katanya.

Sumber berita: Drs. Mardiya

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo

HP. 081328819945