PNS Harus Berorientasi Sebagai Pelayan Masyarakat

  • 08 April 2010 11:36:14
  • 2136 views

Sekda Kabupaten Kulonprogo, Budi Wibowo, SH, MM, mengatakan bahwa paradigma pegawai negeri saat ini harus berubah menjadi lebih berorientasi sebagai pelayan masyarakat (public service), sehingga harus mampu mengidentifikasi siapa masyarakat yang menjadi pelanggannya untuk dapat dilayani sebaik mungkin. Sehingga untuk mencapai hasil maksimal, maka pegawai negeri harus memberikan pelayanan terbaik hingga mampu memuaskan pelanggannya.

Demikian disampaikan Budi Wibowo dalam acara pembekalan CPNS di lingkungan Setda Kab. Kulonprogo,  Selasa (6/4), di ruang rapat Sekda Kantor Pemkab. Selain Sekda pembekalan dilakukan oleh Assek III, dan beberapa Kabag di lingkungan Setda Kab Kulonprogo yang diikuti oleh 19 CPNS.

Budi menambahkan, menjadi pegawai negeri merupakan suatu bentuk pilihan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, dengan tetap menjaga idealisme dan didukung oleh semangat. "Sudah jamak kita dengar bahwa pegawai negeri dianggap stagnan, padahal pemerintahan itu sendiri terus bergerak. Anggapan seperti ini harus dijawab dengan kedinamisan pegawai negeri untuk menyongsong kemajuan, bukan sekedar terus berkutat dengan hal-hal yang dapat menghambat kemajuan itu," tandas Budi.

Dalam kesempatan tersebut pula Budi Wibowo menyampaikan bahwa pegawai yang dibutuhkan di lingkungan setda ini adalah pegawai yang memiliki semangat pengabdian tinggi, untuk mengatasi tiga masalah, yaitu kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi. Setda Kab Kulonprogo memiliki empat fungsi, yaitu: koordinasi kebijakan, perumusan kebijakan, koordinasi antar dinas, dan evaluasi dan pembinaan aparatur, ujarnya.

Pegawai negeri di lingkungan Setda Kab Kulonprogo juga harus memahami RPJM, RPJP, SOTK, Rencana Kerja Kab. Kulonprogo. Di akhir wejangan, Budi WIbowo berpesan supaya pegawai negeri di lingkungan Setda Kab Kulonprogo terus keeping the spirit, dan jangan loyo.

Sementara, menurut Kabag Administrasi Pembangunan, Nugroho, SE, PNS seharusnya tidak menggantungkan pendapatannya hanya dari gaji sebagai PNS, tetapi mampu mencari lahan pendapatan lain selain dari PNS yang tidak mengganggu tugas-tugasnya sebagai PNS. Ditambahkan, menyinggung perkembangan paradigma administrasi negara dalam buku "Reinventing Government" (Ted Gaebler & David Osborne), Pemerintah sebagai penyelenggaran pelayanan publik diharuskan memiliki fungsi katalitis, mampu untuk memberdayakan masyarakat, melakukan upaya-upaya untuk mendorong semangat kompetisi, selalu berorientasi kepada misi, lebih mengutamakan dan mengutamakan hasil daripada cara atau proses, kepentingan masyarakat sebagai acuan utama, berjiwa wirausaha, dan selalu bersikap antisipatif atau berupaya mencegah timbulnya masalah, bersifat desentralistis dan berorientasi pada pasar.