Ari Gunawan, Wisudawan STIT Terbaik

  • 09 Januari 2010 11:09:47
  • 4247 views

     Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Wates, Drs.H.Sutardjo,MSi mewisuda 129 Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI), Sabtu (9/1) di Gedung PDHI Wates. Wisudawan terbaik I diraih Ari Gunawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,350, terbaik II Milih Utami 3,322, terbaik III Dheshie Setyarini 3,280. Untuk kategori tertua Munchofi Datul Kiromah dan tercepat sekaligus termuda Yeni Mukaromah.
     Acara Wisuda dihadiri pula Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Mulyono, PW Muhammadiyah DIY, Dr.H.Moh Anis,MAg, serta pengurus PD Muhammadiyah Kulon Progo. Wakil Bupati KulonProgo Drs.H.Mulyono dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan wisuda bukanlah akhir dari suatu proses belajar, namun hal ini merupakan suatu tahapan hasil proses belajar dari pribadi yang ingin mengembangkan kualitas dirinya. Hal ini berarti bahwa manusia yang ingin meningkatkan kualitas dirinya, tidak lepas dari proses belajar, baik itu secara formal maupun informal. Proses belajar tidak semata-mata dihasilkan dari bangku sekolah atau kuliah, namun pengalaman hidup sehari-hari dapat dikatakan juga sebagai salah satu proses belajar, dimana akan dijumpai hal-hal atau permasalahan baru.
     "Tentunya hal ini juga tidak dapat terlepas dari keberadaan pendidik yang berkualitas, menjadi syarat mutlak dalam rangka mewujudkan anak didik yang berkualitas pula. Dalam hal ini pendidikan yang berkualitas sudah merupakan tuntutan seluruh masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kualitas berbagai bidang kehidupan dan pembangunan,"katanya. Ditambahkan, kita tak boleh menutup mata dan telinga bahwa melalui berbagai mass media sering kita dengar dan lihat, issue tentang pendidikan di Indonesia yang mahal. Lebih lanjut bagaimanakah rakyat akan merasakan keadilan dan pemerataan pendidikan di negeri ini? Sementara itu secara jelas dalam UUD 1945 tertulis bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran dan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.
     "Untuk itu perlu adanya peran serta dari organisasi kemasyarakatan dan pihak swasta untuk membantu penyelenggaraan pendidikan. Seperti halnya Muhammadiyah yang telah memiliki lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Dengan peran serta Muhammadiyah dalam penyelenggaraan pendidikan maka pemerataan dalam hal pendidikan akan lebih mudah dirasakan masyarakat. Sehingga mampu turut meningkatkan kualitas SDM masyarakat,"ujarnya.
     Dengan berkualitasnya kelulusan dari berbagai jenjang pendidikan, terlebih lagi dari Perguruan Tinggi, diharapkan akan lebih mampu mencurahkan ilmunya untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA)maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di negeri ini dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya kedepannya diharapkan akan mampu memakmurkan dan mensejahterakan rakyat secara luas. Dengan meningkatnya kesejahteraan, tentunya biaya pendidikan bisa relatif terjangkau seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, secara adil dan merata bisa merasakan dan memperoleh haknya untuk mengenyam pendidikan.
     Sementara PW Muhammdiyah DIY,Dr.H.Moh Anis,MAg mengatakan bahwa STIT
Muhammadiyah Wates merupakan salah satu asset Kabupaten Kulon Progo dalam mencetak SDM pendidikan yang professional dan religius, sehingga jalinan kerjasama yang selama ini telah berlangsung dapat lebih ditingkatkan lagi.