PERINGATAN HARI NUSANTARA KE-10

  • 12 Desember 2009 07:53:40
  • 2534 views

Harus kita sadari bersama bahwa wilayah pesisir dan laut Kulon Progo, memiliki sumberdaya alam hayati maupun non hayati, yang sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu sumberdaya alam yang terdapat di pesisir, perairan laut, dasar laut dan tanah di bawahnya serta ruang udara di atasnya harus dikelola secara profesional agar manfaatnya dapat lestari.
Hakl tersebut dikatakan Bupati Kulonprogo H Toyo Santoso Dipo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Drs.H.Mulyono pada Peringatan Hari Nusantara ke-10 tahun 2009 di lokasi calon Pelabuhan Perikanan Karangwuni, Jum’at (11/12). Dalam Peringatan Hari Nusantara ini diawali kegiatan upacara, dilanjutkan membersihkan kompleks sekitar Pelabuhan Perikanan yang diikuti TNI/POLRI, PNS, masyarakat nelayan, Mahasiswa Akademi Maritim Yogyakarta, SMK Kelautan Temon. Wabup secara simbolis menyerahkan alat kerja dan sembako.
Usai kegiatan bersih bersih diakhiri dengan pembagian 500 paket sembako bagi masyarakat sekitar Pelabuhan Perikanan yang berupa beras, minyak goreng dan ikan kaleng. Turut hadir Ketua DPRD Yuliardi,Sag, Dandim 0731 Letkol Inf Hariyadi, Dansat Radar Congot dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Menurut Toyo, tugas tersebut dapat ditempuh melalui penyusunan rencana strategis pembangunan, rencana zonasi wilayah, rencana pengelolaan, dan rencana aksi pembangunan, yang dikaji secara cermat, lengkap dan matang, kemudian disosialisasikan secara bijaksana, agar penataan ruang dan pendayagunaan wilayah, dapat mendorong laju pembangunan, tanpa menimbulkan disharmonisasi masyarakat.
“Untuk itu kita harus menyediakan SDM yang cakap dan trampil, dalam mengelola sumberdaya bahari kita, serta menanamkan semangat, jiwa, budaya bahari kepada para generasi penerus,” katanya.