HARGOMULYO SIAP MAJU DI TINGKAT NASIONAL

  • 10 Desember 2009 08:14:44
  • 2096 views

Berbekal semangat, kebersamaan dan dukungan penuh dari masyarakat, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap siap mewakili Provinsi DIY dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional yang digelar sekitar bulan Maret 2010 mendatang bila dipercaya sebagai juara I Tingkat Provinsi DIY. Desa Hargomulyo siap menyajikan hasil terbaik yang akan membawa nama harum Provinsi DIY di forum nasional, apalagi dukungan lintas sektor seperti Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan KB (PMPDP dan KB), Organisasi Profesi  dan  Pemkab sendiritermasuk TP PKK Kabupaten Kulon Progo sendiri selama ini cukup bagus.

Demikian dikatakan  Kepala Desa Hargomulyo Ir. Sugiyanto menanggapi kesan dan pesan positif dan Tim Evaluasi Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Provinsi DIY, di Balai Desa Hargomulyo, Selasa (8/11). Hadir dalam acara tersebut dan memberi sambutan Asisten   Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Sutedjo Wiharso dan Camat Kokap Santoso, SIP.  Turut mendampingi Ka Badan PMPDP dan KB Drs. Krissutanto,  Kabid KB Drs. HM Dawam, Kabid KS Drs. Harminto, MM, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kulonprogo Suhartini,Am Keb. Kasubid Pelayanan KB  Drs. Warsidi, Kasubid Advokasi KIE dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi Drs. Mardiya, para dokter puskesmas, dan kepala desa se Kecamatan Kokap. Sementara rombongan tim penilai dipimpin oleh dr. Siswatiningsih, SU. Lebih lanjut Sugiyanto yang menjabat sebagai kades satu tahun yang lalu menyatakan, selama ini  Desa Hargomulyo selalu berupaya keras menyukseskan program KB dan Kesehatan sebagai modal dasar untuk membangun masyarakat yang  mandiri dan sejahtera. Sebab bila kedua program ini tidak sukses, akan sulit bagi keluarga-keluarga di Hargomulyo untuk menjadikan dirinya menjadi keluarga yang kecil, bahagia dan sejahtera. Sementara keluarga yang demikian itu menjadi prasyarat dasar untuk membangun masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Selama tahun 2009 ini, pada kader KB dan kesehatan di Hargomulyo telah banyak melakukan berbagai penyuluhan di masyarakat seperti penyuluhan kesehatan ibu dan bayi, penyuluhan KB, penyuluhan gemar makan ikan, penyuluhan gizi, penyuluhan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman obatdan tanaman produktif lainnya. Juga pelatihan kader Posyandu, pelatihan pembuatan/penanaman  jamu empon-empon, pelatihan pembuatan menu kodapan lokal, dan masih banyak lagi. Hasilnyacukup menggembirakan,  selain kesertaan KB meningkat, derajad kesehatan ibu, bayi anak dan masyarakat pada umumnya juga cukup baik. Di bidang KB, hingga akhir November 2009 telah dicapai  80 akseptor baru yang berarti target desa telah terpenuhi 100 persen.

”Pada saat  kegiatan monitoring ini saja telah terlayani 22 akseptor Implant, 2 akseptor IUD, dan 2 akseptor Pil termasuk layanan IVA untuk deteksi kanker leher rahim 18 orang. Itu artinya upaya kader yang gigih berjuan untuk melakukan penyuluhan dan KIE telah memberikan hasil yang positif dan bermanfaat, ” kata Sugiyanto serasa menambahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di wilayahnya banyak dikembangkan kegiatan ekonomi produktif dan penggalakan  program lantainisasi.

 

Sumber berita: Drs. Mardiya

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo

HP. 081328819945