Sholat Idul Adha di Alun-alun Wates

  • 28 November 2009 07:51:50
  • 2548 views

Wakil Bupati Kulonprogo Drs.H.Mulyono melakukan Sholat Idul Adha di Alun-alun Wates, Jum'at (27/11). Imam dan khotib dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr.H.Agung Danarto,M.Ag . Selain Wabup nampak diantara ribuan jamaah Asisten Administrasi Muqodas Rozie,SH, Kabag Kesra Setda Arief Sudarmanto,SH, dan Kakandepag Noor Hamid MPdi.
Usai sholat Wabup menyerahkan 3 hewan Qurban Sapi, masing-masing seekor sapi dari Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo karena bupati masih sakit sehingga diwakilkan, dari Wabup sendiri dan Sekda Drs.H.So'im ,MM. Selain Sapi juga diserahkan beberapa ekor kambing dari dinas instansi.

Agung Danarto dalam khotbahnya yang berjudul Haji dan Qurban Reposisi diri di hadapan Alloh dan sesama manusia mengatakan manusia mengukur sesuatu hanya berdasarkan perbandingan, mengenal besar karena ada yang kecil, merasa panas karena pernah merasa dingin, kita kaya karena meliahat si miskin, sebaliknya kita miskin karena melihat si kaya, merasa pandai karena berbicara di depan orang yang belum tahu, merasa kuat karena bersanding dengan yang lemah. lalu kalau diseragamkan dengan pakaian ihram yang sama masihkah membandingkan status sosial atau derajat duniawi lainnya. Karena kelak maut menjemput tak satupun benda duniawi yang menyertai ke liang lahat selain kain kafan, mirip dengan kain ihram.
Dosen UMY ini mengajak untuk menghayati makna tawadhu' dan persamaan dalam suasana seperti yang dilakukan saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci. Berada di padang luas berkubahkan langit akan terasa kecil ditengah keluasan alam, apalagi di hadapan Alloh pencipta alam raya ini.