21 Feb 2020

Tiga OPD Raih Peringkat Terbaik Evaluasi Triwulan IV

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kulon Progo menggelar rapat koordinasi pengendalian pembangunan triwulan IV TA 2019. Rapat tersebut berlangsung di Aula Adikarto Kompleks Pemkab Kulon Progo, Senin (20/01/2020). Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, Sekda, Staf Ahli beserta jajaran dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kulon Progo. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Satpol PP, RSUD Wates, masuk peringkat OPD terbaik.

Pada rapat kali ini membahas Evaluasi Kinerja OPD dari Bappeda Kabupaten Kulon Progo dan perkembangan program Kulon Progo Smart City dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)

Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo, Ir. Agus Langgeng Basuki menuturkan bahwasannya kinerja OPD sangat penting dalam memajukan daerah.

“Setelah kita kumpulkan berbagai data dan kita nilai, ada beberapa OPD yang mampu menduduki peringkat tiga teratas. Hal itu perlu kita apresiasi dan semoga saja bisa menjadi motivasi bagi OPD lain untuk memajukan daerah” tutur Basuki

Lebih lanjut, Langgeng juga mengingatkan kepada setiap OPD untuk menggunakan APBD dengan sebaik mungkin. Beliau meminta kepada setiap OPD untuk bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dalam hal ini Bappeda melaporkan ada tiga OPD terbaik dan terendah dari setiap lingkup, diantaranya Peringkat Kinerja Terbaik Lingkup Setda, Setwan, Irda, Badan, Dinas diraih Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) 99,26 persen, Satpol PP 99,14 persen, RSUD Wates 96,03 persen. Dan Lingkup Kantor, Kapanewon, BPBD diraih BPBD 99,98 persen, Kapanewon Nanggulan 99,82 persen, Kapanewon Girimulyo 99,75 persen.

Peringkat kinerja terendah lingkup Setda, Setwan, Irda, Badan, Dinas diraih Dinas Pariwisata 90,82 persen, Dinas Kelautan Perikanan 92,01 persen, BKPP 92,04 persen, sedangkan Lingkup Kantor, Kapanewon, BPBD: Kantor Kesbangpol 93,23 persen, Kapanewon Wates 93,89 persen, RSUD Nyi Ageng Serang 96,40 persen.

Dalam laporannya, Langgeng memaparkan bahwasannya kinerja pendapatan 2019 yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, dll pada Triwulan IV 2019 dengan target  99,59 persen. Pada rincian kinerja, PAD 2019 target realisasi triwulan IV sebesar 102,80 persen.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dalam sambutannya mengatakan Ini penting dilakukan agar mengetahui dan menyadari tahapan – tahapan yang di jalani selama satu tahun kerja. Supaya dapat diketahui pada tahapan mana yang masih kurang dan sudah mencapai target - target. Oleh karena itu dapat diketahui dengan indikator Hijau, Kuning, dan Merah. Penting dilakukan untuk kebaikan bersama.

“Rekomendasi sebagai  tindak lanjut untuk mengatasi kendala tersebut agar dilakukan percepatan-percepatan dengan melakukan penyelesaian pertanggungjawaban administrasi keuangan, dan percepatan penyelesaian administrasi dokumen lelang.” kata Sutedjo. MC Kulon Progo/Dni/Tcw.

Tags :  
Kulon Progo
 
smart city
 
Triwulan IV
 
evaluasi
 

Berita Terkait

SubDomain