02 Apr 2020

Rangkaian Hari Pers Nasional, Bupati bersama PWK Gelar Aksi Penanaman 2020 Pohon

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo bersama Forkopimda dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghadiri acara rangkaian Hari Pers Nasional yang diselenggarakan oleh Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK) di Pendopo Glagah, Desa Glagah, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (20/01/2020). Dalam acara tersebut dilakukan penanaman sebanyak 2020 bibit pohon yang tersebar di area Pantai Glagah.

Ketua PWK, Asrul Sani berharap gerakan penanaman pohon ini bisa menambah populasi tanaman yang ada di pesisir pantai Kulon Progo.

“Melalui gerakan penanaman pohon ini, kami berharap akan menambah populasi tanaman di pesisir pantai di Kulon Progo khususnya selatan bandara” ucap Asrul.

Selain penanaman pohon, PWK juga menggelar kegiatan bakti sosial yakni bedah rumah bagi warga kurang mampu di Kulon Progo pada Minggu (2/02/2020) dan pemberian penghargaan bagi wartawan dalam acara “PWK Award”.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwasannya kehadiran pers sangat penting bagi pemerintah daerah dalam memberikan masukan dan kritik.

“Kehadiran pers sangat berperan dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan maupun kritik kepada pemerintah,” tutur Sutedjo.

Disisi lain, Sutedjo juga menyambut baik gerakan penanaman 2020 pohon. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan upaya pemerintah dalam usaha melestarikan lingkungan hidup di sekitar Pantai Glagah.

Tidak hanya itu, Sutedjo juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk mencintai alam. Beliau menekankan agar masyarakat harus bertanggungjawab atas penebangan pohon yang telah dilakukan.

“Kalau kita tidak mau menanam, tidak usah menebang. Kalau kita menebang, kita harus bertanggungjawab untuk menanam pohon kembali. Hal ini yang harus kita lakukan agar kelestarian alam terjaga,” tegas Sutedjo.

Gerakan penanaman pohon dapat berfungsi dalam penyelamatan mata air, penahan erosi dan abrasi, selain itu untuk mengurangi efek pemanasan global, hal tersebut sesuai dengan tema pers peduli lingkungan harapannya satu pohon memberikan sejuta manfaat. Selain dihadiri Bupati, kegiatan tersebut  juga dihadiri sejumlah instansi Badan  Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo, Angkasa Pura (AP) 1, Kapanewon Temon, Kelompok Tani Sido Maju Glagah serta pelaku wisata di kawasan Pantai Glagah. MC Kulon Progo/Str/Tcw/Hry.

Tags :  
kulonprogo
 
hari pers nasional
 
glagah
 

Berita Terkait

SubDomain