24 Apr 2019

Distribusi Logistik Pemilu 2019

Penghancuran Surat Suara sisa dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), di Gudang Logistik KPU Jl.Diponegoro Wates, Senin (15/4/2019), disaksikan oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, Ketua KPU Kab Kulon Progo Ibah Muthiah,SH,MSi, Bawaslu Kulon Progo, Forkopimda, OPD, dan wartawan media massa.

Bupati Kulon Progo mengawali penghancuran surat suara yang rusak menggunakan mesin penghancur kertas, diikuti Ketuap KPU Kulon Progo, KPU DIY dan OPD lain. Selanjutnya saat melepas truk pengangkut logistik pemilu, ditandai dengan pengibasan bendera oleh Bupati.

Kepada awak media, Bupati menyampaikan, sesuai dengan tahapan yang ada bahwa dalam penyelenggaraan harus transparan.

“Penyelenggaraan harus transparan bisa diketahui oleh publik, sehingga surat suara yang sudah disortir dengan baik berhari-hari oleh KPU, dideklare didepan bapak ibu sekalian, kemudaian dihancurkan. Ini tahapan penting agar tahapan penyelenggaraan ini betul-betul transparan” kata Bupati Kulon Progo  

Di Kulon Progo jangkauan dinilai tidak terlalu luas, hanya 12 kecamatan dan kendaraan dapat menjangkau sampai ke TPS-TPS, sehingga dalam waktu 1 (satu) sampai 2 (dua) hari diharapkan selesai.

Dokter Hasto juga menyampaikan pemikiran, Linmas yang jumlahnya banyak sekitar 5.000 personil, tidak hanya bekerja pada hari H pemilihan, tetapi juga bisa pada H-1, H-2, bisa mengamankan lingkungan masing-masing.

“Mudah-mudahan, ketertiban, keamanan, di Kulon Progo menjadi lebih kondusif, dengan didukung 5.000 linmas, ditambah pleton inti linmas yang ada di Kabupaten.” Tambah dokter Hasto.

Angka partisipasi pemilih yang sebelumnya mencapai angka 80%, diharapkan juga dapat dipertahankan. Dan Bupati berharap tidak ada caleg yang berselisih dan minta penghitungan ulang. Dengan cara penghitungan yang teliti, yang tertib betul-betul akuntabel, betul, maka hal itu tidak terjadi lagi. Karena sekarang bisa direkam realtime dari TPS masing-masing. Dengan begitu, obyektifitas tidak diragukan, tidak ada caleg yang minta diulang, apalagi sampai ulang nyoblos. Money politic juga dapat semakin dicegah. (at@humaskp)

Tags :  
Kulon Progo
 
Logistik Pemilu 2019

Berita Terkait

SubDomain