25 Aug 2019

Implementasi Program Bela Beli Kulon Progo Melalui Bazar

Sebagai implementasi program Bela Beli Kulon Progo, Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo bekerja sama dengan Asosiasi Kelompok Pengolah dan Pemasar hasil perikanan Mina Binangun (POKLAHSAR) turut serta meramaikan bazar yang di selenggarakan pada Jumat (12/04/2019) di halaman Pemda Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan bazar jumat pagi diikuti beberapa KWT (Kelompok Wanita Tani) di Kulon Progo, diantaranya serbu ikanku dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, UMKM dusun Margosari, KWT Dhuawar serbu sayurku dusun Kroco, Kelompok “KOMPAK” serbu sayurku Kecamatan Kokap, yang juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.

Bazar berlangsung secara rutin setiap hari jumat mulai pukul 07.30-09.00 WIB di halaman Pemda Kulon Progo, sedangan hari Minggu setiap dua minggu sekali pada acara Car Free Day di Alun-alun Wates Kulon Progo.

Kegiatan ini dikhususkan untuk pegawai Pemda Kulon Progo, untuk mendukung program Bela Beliku. Berbagai produk seperti jamu kunyit asam, jus, sayur oganik, telur, buah, dan olahan ikan dengan produk serbu ikanku dari dari kelompok Asosiasi POKLAHSAR di Kulon Progo.

Dari Seksi Bina Usaha Perikanan Lely Marwati, S.TP, MM mengatakan  “Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat di kabupaten Kulon Progo untuk makan ikan dan gemar ikan, karena konsumsi makan ikan masyarakat Kulon Progo masih rendah, melalui acara bazar ini diharapkan bisa mengajak masyarakat gemar makan ikan”.

Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan fasilitas kepada kelompok Asosiasi POKLAHSAR seperti, budidaya dan paket, pelatihan untuk kelompok pemula dan kelompok lanjut, bantuan benih ikan dan kolam. Dari kerja sama yang telah dilakukan hasil penjualan semua akan diserahkan kepada Kelompok Asosiasi POKLAHSAR.

Sementara itu diitemui salah satu pengunjung Hafsah Salsabila, kegiatan yang dilakukan sangat bagus, karena banyak variasi produk-produk dengan harga yang terjangkau dan murah.

“Bazar ini sangat bagus dan membatu, baik dari para pegawai maupun Kelompok penjual, karena adanya bazar ini juga bisa membantu pemerintah untuk melaksanakan program Bela Beli  Kulon Progo” kata Hafsah.

Tags :  
Kulon Progo
 
KWT
 
UKM
 
Bazar

Berita Terkait

SubDomain