25 Aug 2019

Optimalkan Peran FKDM Sebagai Fungsi Deteksi Dini

Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kulon Progo menggelar rapat koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dengan tema Deteksi dini dan cegah dini dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2019. Di Aula Adikarto kompleks Pemkab Kulon Progo. Senin (8/4/2019). Sekitar 215 peserta hadir dalam acara tersebut.

Turut hadir narasumber Kepala Kesbangpol Kulon Progo Budi Hartono, S.Si, M.Si.,  perwakilan Kodim 0731 Kulon Progo Lettu Inf Khabib Al Amin (Pasi Intel) dan dihadiri tim FKDM Kecamatan, Camat, Sekcam se-Kulon Progo.

Rapat koordinasi FKDM diantaranya adalah mendorong peran forum koordinasi Pimpinan Kecamatan agar bersinergi secara terpadu dengan aparat Desa/Kelurahan. Untuk melakukan deteksi dini seperti cegah dini dan lapor dini terhadap potensi ancaman terorisme diwilayah masing-masing serta memberdayakan dan mengoptimalkan forum kemitraan masyarakat seperti FKDM.

Kepala Kesbangpol Kulon Progo Budi Hartono mengatakan FKDM sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Mendorong terciptanya stabilitas keamanan serta mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan menjelang Pemilu 2019.  

“Untuk mendukung efektifitas, sinergitas, dan keterpaduan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019 diperlukan langkah-langkah untuk mengoptimalkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta Pemerintah Desa,” jelasnya.

Budi Hartono menambahkan beberapa langkah mengoptimalkan efektifitas, sinergitas, dan keterpaduan pelaksanaan Pemilu 2019. Diantaranya adalah perlu mewaspadai dan mencegah hal-hal yang mencederai proses demokrasi, jaga netralitas aparat keamanan (TNI/Polri) dan ASN. Mengantisipasi gangguan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 dengan mengaktifkan sistem keamanan lingkungan melalui penjagaan sampai pada tingkat RT/RW serta aktifkan sistem wajib lapor bagi tamu 1x24 jam pada pengurus RT/RW.

Sementara itu Lettu Inf Khabib Al Amin (Pasi Intel) mengatakan peran FKDM dalam penyelengaraan kewaspadaan dini masyarakat menjadi tanggung jawab masyarakat. Sedangkan pemerintah wajib untuk memfasilitasi.

“Karena itu peran FKDM menjadi sangat penting, jika dapat berjalan dengan baik dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah. Dapat mencegah terjadinya ancaman keamanan untuk dapat diantisipasi dan diminimalisir,” jelasnya.

Lettu Inf Khabib Al Amin menambahkan beberapa tugas FKDM adalah sebagai ujung tombak dalam pengumpulan informasi terkait potensi ancaman. Membantu pencegahan awal terhadap ancaman. Serta sebagai jembatan masyarakat dan pemerintahan.

Prinsip temu cepat dan lapor cepat menjadi dasar dalam penyelengaraan tugas dan fungsi FKDM. Sehingga peran FKDM menjadi sangat elementer dalam mengantisipasi datangnya ancaman. Harapanya dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah khususnya dalam pengelolaan terhadap potensi di daerahnya.

 

Tags :  
Kulon Progo
 
FKDM
 
Temu cepat
 
Lapor cepat
 
2019

Berita Terkait

SubDomain