25 Aug 2019

Tari Garapan Panji Semiran Meriahkan Pergelaran Kesenian di TMII

Tari garapan Panji Semiran tampil di TMII Jakarta, mewakili duta seni kabupaten Kulon Progo dalam Pergelaran Kesenian memperingati Hadeging Nagari Ngayogyakarta ke-272, di Anjungan DIY, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu malam (6/4/2019). Acara rutin tahunan ini dihadiri Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X, Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Kadinas Kebudayaan Propinsi  Kabupaten/kota di DIY, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati,SE, dan Sekda Kulon Progo Ir.R.M Astungkoro, M.Hum.

Menurut Kepala Badan Penghubung Daerah DIY, Nugrohoningsih,SIP, acara Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke-19 bertemakan Budaya Adiluhung Yogyakarta untuk mendorong persatuan dan kesatuan NKRI, menampilkan kesenian dari seluruh kabupaten/kota di DIY, Pemda DIY juga kesenian dari Pakualaman yang   disaksikan komunitas warga Jepang di Indonesia, perwakilan UNESCO, serta masyarakat DIY yang tinggal di Jakarta.

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi kontingen Kulon Progo yang menampilkan kesenian berupa tari garapan Panji Semiran, melibatkan anak-anak  sebagai implementasi kesenian tradisional diwariskan kepada generasi penerus.

Sedangkan Gubernur DIY dalam sambutan yang dibacakan Wagub DIY KGPAA Paku Alam X  mengatakan kegiatan mempunyai nilai penting untuk promosi potensi daerah dan memupuk budaya tradisional serta mendorong seniman terus berkreasi dan menjadi hiburan tanpa meningalkan kultur budaya bangsa Indonesia.

Sementara Kadinas Kebudayaan Kulon Progo, Drs.Untung Waluyo menjelaskan bahwa kontingen Kulon Progo yang menampilkan tari garapan dengan judul Panji Semiran ini adalah mengkreasikan seni budaya Panjidur yang dikolaborasi dengan tari Angguk.  Panji adalah wujud dari keteladanan masyarakat, di era kemajuan teknologi informasi ini, keberadaan tokoh terpinggirkan oleh kemajuan era sekarang atau lebih mudahnya era milenial. Ini digambarkan dalam sebuah tarian oleh seniman seniman muda bahkan anak-anak yang sejak kecil dibina sebagai penerus budaya yang ada di Kulon Progo.

Tags :  
TMII
 
Gelar Kesenian
 
Budaya

Berita Terkait

SubDomain