23 Mar 2019

17 PESERTA TIDAK IKUT ORIENTASI CPNS

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo menggelar kesamaptaan yang diikuti Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kulon Progo di Alun – alun Wates. Kamis (14/3/2019). Kesamaptaan CPNS adalah salah satu tahap seleksi hampir sama dengan melakukan tes fisik atau tes kesehatan yang diikuti calon CPNS.

Orientasi CPNS Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13 Maret hingga 14 Maret 2019. Untuk hari pertama diisi berbagai materi dari Dewan Riset Kulon Progo, Dinas Sosial Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kominfo dan lainnya. Hari kedua meliputi kesemaptaan dan praktik komputer.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan BKPP Kulon Progo Raden Trusta Hendraswara, S.S, M.Si.

“Total peserta yang mengikuti kesamaptaan ada 358 orang namun 17 orang mengikuti diklatsar PPSDM Regional Yogyakarta, kesamaptaan diharapkan CPNS mampu melaksanakan tugas nantinya dengan fisik yang prima. Selain itu CPNS memiliki pengetahuan tentang tata upacara  dan baris berbaris, karena ketika nanti di SKPD akan menjadi petugas apel dan upacara,” jelasnya.

Raden Trusta Hendraswara menambahkan praktik komputer dilaksanakan setelah kesamaptaan bersama Dinas Kominfo dan BLK Kulon Progo nantinya CPNS akan melakukan uji kompetensi menggunakan komputer. CPNS dituntut harus bisa menggunakan komputer untuk mendukung pelaksanaan kerja.

“Untuk tahun ini orientasi CPNS dilakukan lebih luas cakupanya, terkait smart city, kesamaptaan dan kegiatan sosial. Untuk kegiatan sosial akan diikutkan dalam bedah rumah agar CPNS memiliki kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu di Kulon Progo,” ungkap Trusta.  

Selain itu Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K)  berharap nantinya CPNS dapat memegang teguh komitmen untuk bekerja secara profesional dapat menjaga nama baik, bersikap sesuai dengan profesi dan predikat yang dimiliki. Harapannya CPNS tidak sombong dan tersentuh hatinya serta menghayati kemiskinan yang ada di Kulon Progo.

“Orientasi CPNS ini merupakan orientasi pertama kali yang dilaksanakan oleh Pemkab Kulon Progo. Orientasi kita manfaatkan untuk mendapatkan data sekaligus mengenal suatu wilayah, kondisi sosial masyarakat Kulon Progo. Dengan cara mendata, mengisi kuesioner dan mengamalkan gotong royong melalui bedah rumah,” kata Hasto

Dalam kesamaptaan peserta mengalami kelelahan dan jatuh pingsan. Karena kondisi cuaca yang panas dan peserta tidak terbiasa olahraga. Dalam penanganan tersebut sudah ditangani dari tim medis. BKPP bekerja sama dengan Dinkes Kulon Progo untuk penanganan peserta.

 

 

Tags :  
Kulon Progo
 
Kesamaptaan
 
Orientasi
 
CPNS

Berita Terkait

SubDomain