23 May 2019

Penandatanganan Bersama Bupati Kulon Progo dengan Bupati Purworejo dan PKS Satpol PP

Bupati Kulon Progo DIY dan Bupati Purworejo Prov. Jawa Tengah lakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo tentang Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah serta perlindungan masyarakat.

Penandatanganan dilakukan di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Selasa (12/3/2019), disaksikan beberapa kepala OPD terkait dari Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo. Selesai penandatanganan dilakukan penyerahan cinderamata dan batik khas Kulon Progo, batik geblek renteng, dilanjutkan ramah tamah.

  

Kesepakatan Bersama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY dan Pemerintah Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah yang ditandatangani Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Bupati Purworejo Agus Bastian berisi tentang Kerjasama bidang pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

Maksud kesepakatan bersama ini untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Tujuan Kesepakan Bersama ini adalah mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan antar daerah, memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal, mengantisipasi dan memecahkan permasalahan daerah secara terpadu, dan mengantisipasi kemungkinan timbulnya permasalahan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan prinsip saling menguntungkan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo. Obyek Kesepakatan Bersama ini adalah kerjasama di bindang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

  

Perjanjian Kerjasama antara Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten kulon Progo dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo tentang Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah serta perlindungan masyarakat. Yang ditandatangani oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo Budi Wibowo.

Maksud Perjanjian Kerjasama ini adalah peningkatan koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umu, penegakan peraturan daerah serta perlindungan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo dengan kabupaten Purworejo. Tujuan Perjanjian Kerja Sama ini adalah kesesuaian program ketentraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah serta perlindungan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Purworejo.

Obyek Perjanjian Kerja Sama ini adalah penyelenggaraan kegiatan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah serta perlindungan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Purworejo. Ruang Lingkup Kerja Sama meliputi: Operasi bersama dalam penegakan peraturan daerah, pertukaran data dan informasi, patrol bersama di wilayah perbatasan, pengerahan personil apabila salah satu Pihak mengajukan permohonan dan penyelesaian konflik perbatasan.

Seusai pertemuan, Bupati Kulon Progo menyatakan kerjasama antar daerah ini juga terkait multiplayer efek adanya bandara.

“Bersama Bupati Purworejo H.Agus Bastian,SE,MM, kita menandatangani kerjasama antar daerah, kita sama-sama memanfaatkan multiplayer efek adanya bandara. Multi player ada positif, ada negatif, kita ingin kerjasama dengan Kulon Progo positifnya bandara maupun negatifnya bandara. Sebagai contoh, negatifnya itu ada ketidaknyamanan, ketidak amanan, gangguan ketentraman lingkungan, itu kita sudah mou, sudah bekerja sama, seandainya ada gangguan ketidaknyamanan gangguan ketertiban. Ini satu hal yang penting sekali saya kira, agar kegiatan yang menimbulkan dampak negatif, dari multiplayer efek bandara bisa dicegah, kedua bisa bertukar menukar data, kominfo Kulon Progo bersama kominfo Purworejo bisa saling berkomunikasi. Karena hari ini banyak kegiatan yang berbasis IT.” Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K)

  

“Kalau kita akan melakukan program-program yang berbasis internet/ internet of thing di masing OPD, nanti bisa bekerjasama dengan Purworejo. Oleh karena itu kerjasama ini tidak hanya dalam bidang keamanan, ketentraman tapi juga bidang data, telekomunikasi dan informasi. Itulah pentingnya hari ini kita punya kerjasama networking berbasis IT dengan cara begitu, maka kebersamaan menjadi kuat. Kita Prinsip tidak mengenal batas, punya visi bersama antardaerah, karena kita sama–sama di Negara Indonesia tidak akan membedakan warga. Antara Purworejo Kulon Progo Majunya Purworejo juga majunya Kulon Progo majunya Kulon Progo juga majunya Purworejo. Ini Menjadi kebersamaan. Saya kira Itu indahnya kebersamaan bersamaan, bersama kabupaten sekitar, kita juga merasakan permasalahan-permasalahan yang hampir sama. Contoh malaria. Banyak hal yang bisa kita kerjasamakan, kegotongroyongan, tukar menukar best practice, bisa saling study tiru, bisa studi banding” tambah dokter Hasto.

  

Bupati Purworejo H.Agus Bastian,SE,MM menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah dan Kabupaten Purworejo menyampaikan terimakasih kepada Bupati Kulon Progo yang selama ini telah kerjasama yang cukup baik, sinergis dalam berbagai bidang, dan berharap mudah-mudahan kerjasama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan ini dapat mengembangkan kerjasama di wilayah perbatasan.

“Dengan pembangunan bandara NYIA akan membawa dampak kedua belah daerah, sinergitas ini akan membawa dampak yang baik terhadap kedua belah pihak pemerintahan daerah, Kulon Progo maupun Purworejo karena tentunya bandara dbaru ini akan berefek secara ekonomi pada baik Kulon Progo maupun Purworejo.” Kata Bupati Purworejo H.Agus bastian,SE,MM.

(at@humaskp)

Tags :  
Kulon Progo
 
Purworejo
 
Bupati
 
dokter Hasto
 
Hasto Wardoyo

Berita Terkait

SubDomain