23 May 2019

FOPI KULON PROGO RESMI DILANTIK

Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) DIY secara resmi melantik pengurus tingkat Kabupaten. FOPI Kulon Progo periode 2019 – 2023 yang diketuai Joko Mursito, S.Sn. MA. Pelantikan pengurus FOPI Kulon Progo diselenggarakan di Gedung Eks Pabrik Nila Bulurejo Pengasih, Kulon Progo. Jumat (8/3/2019).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua umum FOPI DIY Dr. Yudik Prastya, S.Or, M.Kes, Ketua KONI Kulon Progo Bambang Gunoto, S.Pd., perwakilan Dindikpora Kulon Progo. Acara pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan pataka oleh ketua FOPI DIY.

Dalam sambutannya FOPI DIY Yudik Prastya mengatakan selamat atas pelantikan pengurus FOPI Kulon Progo yang sekaligus merupakan kabupaten ke dua yang terbentuk.

“Dalam perkembangannya di Yogyakarta sendiri, FOPI DIY menduduki posisi di nomor 21 dari 24 Provinsi. Sedangkan di DIY sudah ada dua FOPI tingkat Kabupaten yang terbentuk. Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo,” kata Yudik.

Yudik Prastya menambahkan untuk selanjutnya akan ada pelantikan FOPI di Kabupaten Bantul. Petanque sendiri sudah dipertandingkan pada PON, Asian game, SEA game dan lainnya. Dengan adanya FOPI di Kabupaten Kulon Progo berharap dapat meningkatkan prestasi yang tinggi pada cabor petanque mewakili DIY.

Sementara itu ketua FOPI Kulon Progo Joko Mursito menambahkan kelahiran FOPI ini perlu didukung dan didorong dalam pengenalan olahraga tersebut.

“Oleh karena itu olahraga petanque masih perlu untuk di kenalkan dan disosialisasikan ke pelajar, masyarakat, sekolah dan lainnya. Sehingga perkembangan petanque ada kemajuan,” jelasnya.

Joko Mursito menambahkan dalam target kedepan tidak muluk – muluk karena merupakan olahraga baru. “Kami bertekat bersama pengurus untuk terus mempromosikan dan mensosialisasi, melakukan pelatihan. Serta menggelar kompetisi agar masyarakat lebih jelas dalam memahami,” kata Joko.

Di Kulon Progo terdapat empat lapangan petanque yang sudah resmi digunakan untuk latihan yakni di Trisik, Pengasih, Kalibawang dan Samigaluh. Secara prosedural kami sudah mengajukan perhimpunan dan mengajukan syarat kepada KONI untuk legalitas.

Dalam pelantikan tersebut juga dijelaskan mengenai olahraga petanque. Petanque  adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet atau boka. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter.Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim. Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis sejak tahun 1907-an.

Tags :  
Kulon Progo
 
Petanque
 
Pelantikan
 
Federasi Olahraga Petanque Indonesia
 
FOPI

Berita Terkait

SubDomain