22 Sep 2019

INVESTASI TAMBAK BANDENG MENGGIURKAN

WATES?Investasi usaha tambak bandeng di Kulonprogo di Kulonprogo cukup menggiurkan. Karena modal tidak besar untungnya membuat kantong tebal. Potensi yang ada kini belum digarp maksimal, karena kurang modal.
Kepala Kantor Penanaman Modal Kulonprogo Ir Sugabya mengatakan hal itu kepada Bernas Jogja hari Mingu sore di Wates. Hari Minggu kemarin kelompok tambak bandeng Trisik memanen hasil budidaya mereka.
Dari hasil panenan tersebut usaha alamiah mereka menghasilkan bandeng yang rata rata besarnya satu kilogram, setelah ditebar selama 4 bulan lebih sedikit.
Hebatnya memelihara bandeng di Trisik ini petani tidak perlu mengeluarkan biaya pakan. Mereka hanya bermodal membuat kolam semi alam, serta ,membeli bibit dari Brebes. Paskan disuplay alam
Menurut Subagya, potensi tambak bandeng seprti di TRisik ini di Kulonprogo ada dua lokasi lagi. Yaitu di Glagah dan dan di Congot. ?Areal yang tersedia ada sekitar 400 hektare, namun yang telah dimanfatkan sekarang baru sekitar sepuluh persennya saja? katanya.
Masalah yang dihadapi, saat ini hanyalah modal saja. ?Itu lho modal untuk menyempurnakan kolam alam agar aman untuk budidaya, serta untuk membeli bibitnya yang masih harus didatangkan dari jauh. Ini memang memerlukan investor? katanya.

wid
Tags :  
x

Berita Terkait

SubDomain