25 Aug 2019

Bupati Tanda Tangani 3 NPHD Rp 18 M untuk Pilkada

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) melakukan tandatangani 3 (tiga) Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Pakta Integritas dengan KPU Kabupaten Kulon Progo, Polres Kulon Progo, dan Kodim 0731 Kulon Progo.

Perjanjian yang ditandatangani di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Jumat (29/4) ini selain dihadiri oleh Bupati, juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaini,STP, Komandan Kodim 0731 Kulon Progo Gunawan,Ssos,MT, Kepala Kepolisian Resort Kulon Progo AKBP Nanang Junaedi,SIK, Sekda Kabupaten Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,MHum, Kepala Kantor Kesbangpol Tri Wahyudi,SIP,MM juga dihadiri para tamu undangan lainnya seperti Komisioner KPU DIY Siti Ghoniyatun, dan beberapa SKPD terkait.


Terkait NPHD ini, Tri Wahyudi,SIP,MM menyampaikan Pemerintah Kabupaten telah mempersiapkan dana hibah untuk Pemilihan Bupati Wakil Bupati pada tahun 2017.

"Kami sudah persiapkan pendanaan, untuk KPU sebagai penyelenggara, Panwaslu, dan untuk Pengamanan kepada Polres dan Kodim" kata Tri Wahyudi

Karena Panwaslu berhalangan maka NPHD dengan Panwaslu belum dilaksanakan. Tri Wahyudi menyampaikan Total dana yang diberikan sebesar Rp. 18,525 M terdiri dari APBD Murni 2016 sebesar Rp 9,614 M dan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp. 8,910 M.

 


Pada pakta integritas Muh Isnaini,STP selaku Ketua KPU Kab Kulon Progo menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui DPPKA Kabupaten Kulon Progo Tahun 2016 sebesar Rp. 14.328.177.000,- (Empat belas miliar tiga ratus dua puluh delapan juta seratus tuuh puluh tujuh ribu rupiah) dan menyatakan kesanggupan akan mempertanggungjawabkan penggunaan dana penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo Tahun 2016 sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang diajukan dengan sebaik-baiknya dan melaporkan pelaksaan kegiatan kepada Bupati Kulon Progo lewat DPPKA Kab Kulon Progo.

 

Dalam kesempatan tersebut, Dokter Hasto menyampaikan, dengan melihat pengalaman saat menghadapi Pileg 2014 yang lebih kompleks tetapi bisa terlaksana dengan baik, Dokter Hasto berharap pada Pilkada yang akan dilaksanakan Tahun 2017 karena lebuh sederhana, maka diharapkan dapat berjalan lebih lancar, sempurna, dan tidak menimbulkan Disharmonitas.

Dokter Hasto juga menyampaikan terimakasih pengawalan pada Pileg 2014 yang dilakukan Kodim dan Polres dari awal sampai selesai, dan berharap perannya lagi pada Pilkada 2017.

Ir.RM.Astungkoro,MHum menyampaikan, besaran dana hibah untuk Kodim, Polres sudah sesuai usulan dari masing-masing dan sesuai standar yang ada.

Untuk pembiayaan Pilkada Pemerintah Daerah wajib membiayai, karena sudah ditetapkan Kemendagri Dirjen Bina Keuangan Daerah.

Anggaran yang diberikan hanya untuk 1 putaran, belum prediksi jika untuk 2 putaran. Sehingga diharapkan, proses berjalan lancar tanpa melalui kasasi. Yang tanggal Pemilihan Kepada Daerahnya tanggal 15 Februari 2017.


Muh Isnaini,STP menyampaikan terimakasih dengan usaha yang maksimal dari Pemerintah Daerah ini, sehingga KPU sudah jelas dalam melaksanakan semua tahapan Pilkada nantinya.

"Meskipun ketentuan, NPHD paling akhir tanggal 22 Mei" katanya.

Kepada semua pihak, Muh Istanaini memohon dukungan kepada semua pihak untuk ikut mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Daerah di Kulon Progo


Siti Ghoniyatun juga berharap succes story saat pileg 2014 akan terulang, dan berharap tidak ada PHP (Perselisihan Hasil Pemilu)

"(saat pileg 2014) DIY satu-satunya propinsi yang tidak ada gugatan" kata Siti.

Untuk itu, fatzun komunikasi dengan pimpinan partai politik, kode etik kemampuan seluruh penyelenggaran sampai dengan tingkat KPPS perlu dijaga.

(akhmad)

Tags :  
Bupati bersama Ketua KPU

Berita Terkait

SubDomain