24 Apr 2019

PENGUKUHAN PASKIBRAKA KAB. KULON PROGO

Bertempat di Gedung Kaca Pemda Kulonprogo, Senin (15/8) pukul 16.00 WIB berlangsung acara pengukuhan paskibraka Kab. Kulonprogo oleh Bupati H.Toyo Santoso Dipo, ditandai dengan pemasangan kendit (sabuk) secara simbolis kepada salah seorang calon paskibraka.

Selain Bupati acara dihadiri Muspida, SekdaBudi Wibowo,SH,MM,Kadinas Pendidikan Sri Mulatsih Damarahayu,MPd ,beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para orangtua calon Paskibraka.

Dalam acara tersebut dilakukan ikrar setia kepada bendera sang merah putih yang dipandu Kadinas Pendidikan serta mencium sang merah putih oleh seluruh anggota Paskribaka Kabupaten Kulonprogo yang dikukuhkan menjadi pasukan pengibar bendera pusaka untuk upacara peringatan 17 Agustus yang akan dilaksanakan di Alun-alun Wates pada 17 Agustus 2011 mendatang. Selama berlangsungnya acara suasana tampak hening dan khusuk.

Dalam sambutannya Bupati Kulonprogo, H.Toyo Santoso Dipo mengatakan salah satu wujud pembinaan generasi muda adalah pembentukan paskibra yang bertujuan menggelorakan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, kepeloporan dan kepemimpinan, disiplin dan berbudi pekerti luhur. “Paskibra adalah generasi muda pilihan yang telah lulus berbagai seleksi yang sangat ketat dan cermat,selanjutnya ditempa dengan disiplin tentang kepribadian, wawasan kebangsaan, serta cinta tanah airdan bela negara”katanya. Untuk itu menurut Toyo menjadi landasan fundamental bagi kelancaran pelaksanaan tugas negara dalam melaksanakan tugas sebagai pengibar dan penurun sang merah putih dalam rangka peringatan ke-66 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2011, yang juga merupakan amanah masyarakat dan pemkab Kulonprogo. “Satu hal yang perlu ditanamkan dalam sanubari bahwa misi paskibra tidak berhenti pada momentum 17 Agustus saja, namun jiwa nasionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk harus mampu terjaga dan terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan harus memberi pengaruh positif bagi rekannya dan masyarakat,”pinta Toyo.

Bupati dan segenap yang hadir memberikan ucapan selamat dan sukses kepada petugas paskibraka dan melaksanakan foto bersama. Petugas Paskibraka yang dikukuhkan pada siang hari sebelumnya telah melaksanakan latihan dan Gladi Upacara Pengibaran Bendera di Alun-alun Wates.(MC)

Tags :  
Upacara

Berita Terkait

SubDomain