25 Aug 2019

ANGKUTAN LEBARAN DIPREDIKSI MENINGKAT 5%

Lebaran tahun 2011 ini diprediksikan angkutan akan mengalami peningkatan sebesar 3 hingga 5 persen dari tahun lalu. Cuaca yang bersahabat salah satu faktor dari meningkatnya pemudik. Seperti tahun lalu angkutan Lebaran masih akan didominasi oleh sepeda motor dan mobil pribadi.


Hal tersebut dikatakan Kadinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo Triyono,SIP,MSi dalam jumpa pers yang dipandu Kabag TI dan Humas Setda Rudy Widiyatmoko,S,Sos di Media Center, Jum'at (12/8). Sedangkan Kadinas Budparpora Eko Wisnu Wardhana, SE juga memapaparkan agenda menghadapi Lebaran 1432 H di obyek-obyek wisata.


"Tahun 2010 jumlah kendaraan AKAP/pariwisata/bus malam sebanyak 17.784, AKDP pedesaan 3.540, mobil pribadi/mobil barang 261.650, dan sepeda motor 342.604, "ujar Triyono.


Menurut mantan Kabag Keuangan Setda ini, faktor yang mempengaruhi meningkatnya pemudik, diantaranya cuaca yang bersahabat karena musim kemarau, lalu jumlah perantau dengan tujuan kota-kota besar di Indonesia yang terus bertambah .Juga kepemilikan sepeda motor/mobil pribadi yang terus meningkat dan menjamurnya usaha persewaan atau rental kendaraan.


Ada pula image/anggapan di masyarakat bahwa kesuksesan seorang perantau salah satunya ditunjukkan pada saat mudik/pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi. Di samping itu adanya Erupsi Merapi dapat mendorong pemudik ingin merayakan Lebaran di kampung halamannya sekaligus juga ingin bersilaturahmi dengan keluarganya yang terkena dampak erupsi maupun hanya sebatas ingin berwisata alam di bekas erupsi,"katanya.


Dishubkominfo juga akan melakukan monitoring dan pendataan arus lalu lintas lebaran dengan mendirikan 3 posko, yakni posko Dishubkominfo di depan Masjid Agung Wates dengan 33 personil, Posko Terminal Wates di terminal Wates dilakukan oleh 11 personel dan 2 orang penguji kendaraan dan Posko Sub Terminal yang terdapat di Jangkaran, Brosot, Sentolo, Ngeplang dan Jagalan dengan masing-masing petugas 2 petugas.(MC)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain