25 Aug 2019

JATIREJO, MEMBANGUN DESA MENUMBUHKAN KOTA

Siapapun pasti tak menyangka bahwa Desa Jatirejo yang merupakan salah satu dari enam desa di Kecamatan Lendah, merupakan mutiara yang terpendam bagi Kabupaten Kulonprogo, maupun Provinsi DIY. Apa pasal? Karena di desa yang secara administrative dibagi atas 10 dusun dan 54 RT serta berpenduduk 6.719 jiwa pada tahun 2010 ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan desa-desa lain di lingkungan Provinsi DIY. Keunggulan ini secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga macam. yakni keunggulan administratif, keunggulan potensi desa, dan keunggulan pembangunan desa.

Dari sisi administratif, Desa Jatirejo yang merupakan gabungan dari tiga kalurahan lama (Lendah, Sumberrejo dan Dalangan) pada tahun 1947 lalu tersebut memiliki sistem pengelolaan administrasi yang tertib baik di tingkat dusun maupun desa. Di tingkat dusun, pengelolaan administrasi dipegang oleh Dukuh dibantu kader PKK, kader Yandu dan kelompok kegiatan lainnya. Sementara di tingkat desa, pengelolaan administrasi dilakukan oleh Sekretaris Desa yang dibantu oleh Kabag Pemerintahan, Kabag Pendapatan, Kabag Pembangunan, Kabag Kemasyarakatan dan Kabag Umum serta tiga orang staf.

Selanjutnya dari sisi potensi desa, Desa Jatirejo yang saat ini dipimpin oleh Ir. Ridwan Heri Mahmudi memiliki potensi yang cukup signifikan dalam bidang pendidikan, kesehatan, sarana prasarana, lingkungan hidup, sosial dan budaya. Dalam bidang pendidikan, sarana prasarananyya sudah cukup untuk menampung semua warga masyarakat usia didik untuk bias sekolah. Pendidikan Usia Dini (PAUD) sudah ada hamper di semua pedukuhan dan sudah memiliki gedung PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK), ada 6 sekolah SD dan 2 SLTA ...

Selengkapnya silakan download file

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain