23 May 2019

Bupati Kulonprogo Terima Penghargaan Dari Pemerintah Ceko

Pemerintah Republik Ceko memberikan penghargaan kepada Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo atas dukungan dan kerjasamanya dalam mengembangkan dan menjembatani antara Ceko dengan Indonesia melalui Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Sertifikat penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Ceko, Vitezlav Grepl, dan diterima Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo dalam suatu acara di Hotel Hyatt Yogyakarta, Selasa (5/7).


Turut menyaksikan Dubes Republik Ceko Pavel Rezac, Sekda Budi Wibowo,SH,MM dan beberapa kepala Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD).


Wakil Menteri Luar Negeri Vitezlav Grepl mengakui bahwa Indonesia mempunyai peran penting sejak melakukan hubungan kerjasama dengan negaranya. Saat ini hubungan perdagangan terus mengalami peningkatan dan nilainya mencapai US$400 juta, bahkan dalam empat bulan terakhir tahun 2011 ini telah mencapai 40%. Hal ini tidak terlepas juga berkat dukungan kerjasama selama ini antara Pemkab Kulonprogo.


Diantaranya rencana pembangunan bandar udara internasional, dan untuk melanjutkan kerjasama khususnya dalam merealisasikan pembangunan bandara internasional, format baru yang ditawarkan pemerintah Ceko adalah menyiapkan teknologi dan jasa untuk membangun bandara tersebut.


Bahkan beberapa bank di Ceko telah menyatakan siap mendukung pembangunan di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan utang bunga lunak 2% sampai 10 tahun.


Sedangkan Dubes Ceko Pavel Rezac tetap berharap kerjasama antara Ceko dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo selama kepemimpinan Bupati H.Toyo Santoso Dipo, akan dilanjutkan oleh pejabat penerus selanjutnya.


Dubes akan berusaha meyakinkan Presiden Ceko untuk kembali membantu Kabupaten Kulonprogo yang selama ini telah menghibahkan dana untuk penyusunan FS Bandara. Bahkan Bupati mendatang yang berlatarbelakang dokter apabila mendirikan rumah sakit, siap untuk membantu alat-alat kesehatan yang dibutuhkan.


"Karena Bupati yang melanjutkan estafet ke depan berlatar belakang dokter, maka pemerintah Ceko juga siap untuk kerjasama. Apabila akan membangun rumah sakit kami siap membantu alat-alat kesehatan yang dibutuhkan," katanya.


Usai menerima penghargaan, Bupati Toyo Santoso Dipo yang segera akan melepaskan jabatannya, merasa terharu dan berterima kasih kepada Pemerintah Republik Ceko.


Selama ini banyak bantuan yang telah diberikan oleh Ceko, selain prastudi kelayakan bandara, yang menjadi awal memberikan wawasan bagi pengembangan Kabupaten Kulonprogo dan membuka pandangan terhadap industri berkembang di masa mendatang, seperti pasir besi, industri baja, pelabuhan perikanan, dan pembangunan bandara.


"Sehingga tidak keliru kiranya, jika Ceko merupakan mitra yang menjadi andalan dalam membantu berkembangnya Kabupaten Kulonprogo," kata Bupati sambil menambahkan, Ceko merupakan salah satu negara di Eropa yang tidak akan terlupakan oleh masyarakat dan Pemkab Kulonprogo.


Karena mulai dari negara Ceko inilah awal Pemkab menjalin kerjasama dengan negara lain yang selanjutnya beberapa negara melakukan kerjasama, antara lain seperti dengan Korea Selatan. Tanpa hubungan baik dengan pemerintah Ceko tentu hubungan dengan negara lain agak lambat.


"Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan pemerintah Ceko yang telah membuat FS Bandara Internasional di Kulonprogo sebagai alternatif pengganti bandara Adisutjtipto, Yogyakarta, yang selanjutnhya telah ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat dan segera untuk dibangun," kata Toyo.


Dalam kesempatan tersebut, Toyo yang selama menjabat sangat intens menjalin kerjasama dengan pemerintah Ceko, nyicil pamitan dengan Dubes karena segera akan berakhir masa jabatannya 50 hari lagi atau tepatnya 24 Agustus mendatang.


Sekaligus dalam kesempatan tersebut memperkenalkan Bupati terpilih hasil pemilukada yang akan melanjutkan kerjasama di masa mendatang, namun hanya hadir Cawabup Drs.H.Sutedjo, sedangkan Cabup dr.H.Hasto Wardoyo,SpOG(K) tidak hadir karena kesibukan yang sudah sepekan berada di Jakarta.(-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain