23 Mar 2019

PIK REMAJA HAMKA INTENSIF LAKUKAN KIE KRR

Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja HAMKA (Himpunan Anak Muda Kaliagung) Sentolo, sejak berdirinya 13 Mei 2011 lalu hingga sekarang aktif melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) ke kelompok sasaran remaja di Desa Kaliagung. KIE tentang KRR yang sementara ini diprioritaskan pada masalah akibat pergaulan bebas dan bahaya hubungan seks pra nikah ini dilakukan tidak hanya di tingkat desa, tetapi sudah merambah ke tingkat pedukuhan. Tercatat, selama tiga bulan terakhir PIK Remaja HAMKA telah melakukan KIE KRR ke Pedukuhan Degung (28/5) dan Kemiri (2/7) yang mendapat sambutan sangat baik dari remaja kedua pedukuhan tersebut. Mereka sangat aktif bertanya seputar masalah menstruasi, mimpi basah, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), aborsi, penyakit kelamin, hingga tips pacaran sehat yang menurut mereka sangat penting untuk dipahami sebelum memasuki jenjang pernikahan.


Demikian dikatakan oleh Ketua PIK Remaja HAMKA Desa Kaliagung Susrita yang didampingi Sekretaris Eka Suranti dan segenap pengurus dalam releasenya kepada media massa, Minggu (3/7) di Sekretariat PIK Remaja Pedukuhan Banyunganti Kidul. Ditambahkan oleh Susrita, KIE KRR ini selain menggunakan strategi pertemuan penyuluhan, juga menggunakan strategi KIE kelompok dan individu. KIE kelompok dilakukan pada mereka yang suka kumpul di tempat-tempat tertentu seperti di simpang jalan atau di tempat-tempat ronda. Sementara KIE individu dilakukan di mana saja saat bertemu dengan remaja baik di rumah, di warung, di warnet, di tempat kerja dan sebagainya. Lebih dari itu, PIK Remaja Hamka juga membuat beragam leaflet tentang KRR yang digandakan dan diberikan pada remaja yang membutuhkan serta membuka jalur SMS bagi mereka yang ingin bertanya tetapi tidak sempat bertatap muka langsung pada Pendidik Sebaya (PS) atau pengurus lainnya. Dalam waktu dekat, bila tidak ada aral melintang, kelompoknya akan segera membuat Blog PIK Remaja HAMKA sehingga KIE yang dilakukan menjadi lebih intensif dan luas jangkauannya serta disukai oleh remaja Desa Kaliagung yang rata-rata telah mengenal dunia maya.


Menurut Susrita, hingga akhir Desember 2011 PIK Remaja HAMKA akan terus melakukan safari KIE KRR ke pedukuhan di Desa Kaliagung. Paling tidak ada sembilan pedukuhan yang akan disasar tahun ini, yakni: Jetak, Kaliwilut, Tegowanu, Kaligalang, Kalipenten, Nglotak, Kleben, Banyunganti Kidul dan Banyunganti Lor. Sementara Pedukuhan Ngrandu akan dilaksanakan pada tahun 2012. Target yang ingin dicapai adalah menurunnya angka perkawinan usia dini di Desa Kaliagung serta menekan perilaku negatif remaja lainnya seperti pacaran tak sehat, kebiasaan onani/masturbasi, merokok, minum-minuman keras dan kenakalan lainnya.


"Saya dan segenap pengurus PIK Remaja HAMKA mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa Kaliagung dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) Kabupaten Kulonprogo yang telah memberi dukungan dana dan fasilitas untuk kegiatan ini, walaupun nilainya tak seberapa tetapi kepedulian kedua institusi tersebut sangat kami hargai dan menambah semangat kami untuk berkiprah di masyarakat," kata Susrita. (-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain