23 Mar 2019

KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL

PENDAHULUAN

Sering banyak orang menganggap masalah reproduksi merupakan hal yang masih dianggapkurang bermanfaat atau tabu apabila disosialisasikan kepada masyarakat, padahal itu tidak benar sepenuhnya.Mengapa demikian, karena masalah kesehatan reproduksi adalah menyangkut semua orang yang hidup dan menjalani hidup di dunia ini.

Kesehatan reproduksi menyangkut aspek fisik, mental dan sosial, bahkan bukan sekedar tidak adanya atau terkena penyakit ataupun gangguan di segala hal yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi itu sendiri.

Kesehatan reproduksi memberikan harapan bahwa setiap orang dapat menikmati kehidupan seks yang aman dan menyenangkan serta memiliki kemampuan untuk berproduksi dan memiliki kebebasan dalam menetapkan kapan dan seberapa sering mereka ingin berproduksi.

Bagaimana cara mengenal dan memahami masalah kesehatan reproduksi, hak reproduksi,seksualitas dan penggunaan kontrasepsi sebagai upaya dalam mengatur jarak kelahiran.

Tulisan ini akan membahas keseluruhan permasalahan diatas dan solusi yang dilakukan.

TUJUAN

  • Tujuan Umum

Agar setiap manusia dapat berperan aktif dalam mengakses berbagai informasi yang terkait permasalahan kesehatan reproduksi dan hak-hak reproduksi manusia secarasimultan dan berkesinambungan.

 

  • Tujuan Khusus

Setiap manusia sebagai individu dan sosial secara fisik maupun psikologis dapat berinteraksi langsung melalui pengetahuan, sikap dan perilaku positif terkait permasalahan kesehatan reproduksi.

SASARAN

Setiap manusia baik pria maupun wanita, atau yang sedang mengalami proses kehidupan (anak , remaja, dewasa dan orang tua).

HAK-HAK REPRODUKSI

Hak-hak reproduksi sebenarnya mempunyai landasan adanya pengakuan terhadap hak asasi setiap pasangan dan individu untuk secara bebas dan bertanggung jawab menetapkan jumlah, jarak dan waktu kelahiran anaknya, hak untuk memperoleh informasi tentang kesehatan reproduksi, hak untuk mencapai tingkat kesehatan reproduksi dan seksual, hak untuk mengambil keputusan tentang reproduksinya yang bebas dari pembedaan, pemaksaan dan kekerasan......

Selengkapnya silakan download file

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain