23 May 2019

29 JUNI HARI KELUARGA; Memantapkan Pembangunan Kependudukan dan KB

Tanpa terasa, 29 Juni 2011 mendatang, kita telah memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-18 sejak dicanangkan pertama kali di Lampung oleh Presiden RI, 29 Juni 1993 lalu. Tahun ini, Harganas yang kemudian disosialisasikan oleh Kepala BKKBN Pusat Dr. H. Sugiri Syarief, MPA sebagai Hari Keluarga, di level nasional akan dipusatkan di Kota Baru Parahiyangan, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Kamis (30/6). Adapun tema yang diangkat adalah "Dengan Semangat Hari Keluarga, Kita Mantapkan Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional" dengan motto "Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Harapan Bangsa".

Dengan tema dan motto tersebut, diharapkan momentum peringatan Hari Keluarga selain mampu mengingatkan kembali bahwa keluarga sebagai wahana pertama dan utama bagi pendidikan para anggotanya tentang nilai-nilai luhur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, juga diharapkan dapat meningkatkan dukungan dan komitmen dari berbagai mitra kerja dalam pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) untuk mendukung terwujudnya visi BKKBN "Penduduk Tumbuh Seimbang 2015". Selain itu juga diharapkan dapat membangkitkan kembali Program Kependudukan dan KB dalam rangka membangun masyarakat menuju keluarga bahagia dan sejahtera yang semakin tangguh dan mandiri dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Telah kita sadari bersama bahwa arus globalisasi dan informasi yang terjadi di masyarakat sekarang ini, begitu cepat berkembang sehingga berdampak pada perilaku kehidupan sosial maupun kelompok. Akhir-akhir ini sering terjadi gejolak pada masyarakat yang mengarah pada kemerosotan moral yang akan mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam konteks ini, agama yang merupakan nilai-nilai utama moralitas harus ditanamkan sejak dini dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, utamanya dalam kehidupan keluarga.

Lebih dari itu, Program Kependudukan dan KB yang diyakini oleh banyak pihak sebagai salah satu program sosial dasar yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa untuk membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera, harus ditumbuhkembangkan, digalakkan dan dimantapkan pelaksanaannya. Karena keluarga-keluarga seperti inilah nantinya yang akan mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, tangguh dan mandiri di masa depan untuk mendukung pembangunan bangsa hingga mampu mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam menghadapi era globalisasi.

Selengkapnya silakan download file

Tags :  

Berita Terkait

HALAL BIHALAL DWP KULON PROGO
Porda XIII Resmi Ditutup

SubDomain