23 May 2019

PIK REMAJA GUBUK ANOM ADAKAN PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA

Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Gubuk Anom Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo, bertempat di Balai Desa Sukoreno, Minggu (26/6), menyelenggarakan Pelatihan Pendidik Sebaya bagi Remaja se Kecamatan Sentolo yang berasal dari Desa Sukoreno, Salamrejo, Tuksono, Banguncipto, Kaliagung, Sentolo, Demangrejo, dan Srikayangan. Khusus dari Desa Sukoreno berasal dari 13 pedukuhan yakni Sidowayah, Ngaglik, Kalimenur, Sukoponco, Worawari, Mertan, Suren, Banjaran, Gembongan, Blimbing, Banggan, Depok, Semen. Selain itu juga dari SMA N 1 Sentolo, dan perwakilan dari Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih. Total peserta adalah 50 remaja, dengan rincian perwakilan masing-masing desa kecuali Sukoreno sebanyak 2 remaja, dari Tawangsari 2 orang, SMA N 1 Sentolo 2 orang.

Kegiatan pelatihan yang dibuka oleh Ka Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) Kabupaten Kulonprogo Drs. M. Rosyaduddin yang diwakili Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi Drs. Mardiya tersebut menghadirkan nara sumber antara lain : Kasana, Ketua PIK Remaja Gubuk Anom yang menyampaikan materi tentang Orientasi PIK Remaja, Hesti Maimunah, SKM dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Kulonprogo yang menyampaikan materi tentang seksualitas, Anugrah Wijayanti dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) menyampaikan mayeri tentang HIV/AIDS, Setyowati, S Psi dari Psikolog yang menyampaikan materi tentang Pengembangan diri, dan Iptu Ponidi Hidayat yang menyampaikan materi tentang Napza. Turut menghadiri acara pembukaan Koordinator Penyuluh KB Ir. Sudarmi.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Tri Indah Riwayati yang didampingi Sekretaris Nurlelawati Prasetya dan Bendahara Devi Mulyasari, tujuan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sehari mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB tersebut selain mencari kader yang akan banyak menyebarluaskan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), dan menyiapkan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang cukup bagi calon pendidik sebaya baik dalam hal ke-PIK Remaja, seksualitas, napza dan HIV/AIDS serta pengembangan diri.

"Kegiatan yang didukung pendanaannya dari BKKBN Provinsi DIY, BPPM Provinsi DIY, BPMPDP dan KB Kabupaten Kulonprogo, Pemerintah Desa Sukoreno dan Swadaya Pengurus ini ke depan diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas PIK Remaja yang ada di wilayah Kecamatan Sentolo dan Pengasih sehingga keberadaannya mampu membawa manfaat positif bagi remaja terutama dalam menekan angka perilaku negative," kata Tri Indah Riwayati.(-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain