23 May 2019

MENGGAPAI TARGET MDGs DALAM PROGRAM KB NASIONAL

PENDAHULUAN

Banyak negara diberbagai belahan dunia telah berkomitmen secara serius dalam menggapai target MDGs (Millenium Development Goals), termasuk negara Indonesia sampai batas waktu tahun 2015.

Disisi lain adanya skeptis pencapaian MDGs sampai 2015 semakin dekat dan tidak mudah,walaupun sedikit demi sedikit sudah mulai tampak peningkatan, namun masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

Program KB Nasional telah memiliki visi dan misi terbaru yang tertuang dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) tahun 2010-2014, yaitu dengan visi Penduduk tumbuh seimbang 2015 dan Misinya Mewujudkan Pembangunan yang berwawasan kependudukan serta Mewujudkan Kelurga Kecil Bahagia Sejahtera.

Sejumlah target seperti bidang kesejahteraan dan kesehatan sudah mulai dicapai dengan memotong setengah proporsi penduduk yang hidup dibawah 1 dollar per hari, meningkatkan deteksi dan penyembuhan Tubercolosis (TBC) melalui DOTS (Direct Observed Treatment Short-Course Chemoerapi), setiap anak mendapatkan akses Pendidikan Dasar, menghapus kesenjangan gender dan menekan ratio kematian Balita.

TUJUAN

Mensinergikan target MDGs dengan Program Keluarga Berecana Nasional

Ada 8 tujuan yang ingin dicapai dalam MDGs, yaitu :

  1. Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua

  2. Mendorong kesehatan gender dan pemberdayaan perempuan

  3. Memberantas kemiskinan dan kelaparan

  4. Menurunkan angka kematian anak

  5. Meningkatkan kesehatan ibu

  6. Memerangi penyebaran HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya

  7. Memastikan kelestarian lingkungan hidup

  8. Membangun kemitraan global dalam pembangunan

Tujuan No. 1 s/d 7 memiliki sasaran dan indikator yang jelas/terukur untuk dicapai tahun 2015.

Ada 2 tujuan dalam Program KB Nasional, yaitu :

  1. Mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan kebijakan kependudukan guna mendorong terlaksananya Pembangunan Nasional dan daerah yang berwawasan kependudukan.

  2. Mewujudkan penduduk tumbuh seimbang melalui pelembagaan keluarga kecil bahagia sejahtera.

UPAYA MENSINERGIKAN PROGRAM

Pencapaian target MDGs dalam jangka pendek dan menengah akan lebih mudah dilaksanakan apabila kerja sama regional terus ditingkatkan, seperti di kawasan Asia Pasifik yang mempunyai posisi lebih baik dalam pencapaian target MDGs, namun harus ada upaya lebih lanjut, karena sangat penting dan menjadi kunci pokok keberhasilan MDGs, antara lain adalah :

  • Tersedianya pendanaan yang cukup, hal ini sudah ada komitmen Montery tahun 2002 dan Gleneogles tahun 2005 yang mendesak negara-negara maju membantu negara berkembang sebesar 0,7 persen dari Produk Nasional Bruto (PNB)nya perlu direalisasikan.

Dengan terjadinya krisis global, komitmen yang sudah disepakati negara maju justru nyaris tak terdengar lagi.

Berdasar laporan PBB menyebutkan bantuan pembangunan dari negara-negara maju hanya 0,31 persen dari PNB.

Selengkapnya silakan download file

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain