23 Mar 2019

UPK 'Ngudi Raharjo' Bantu Lantainisasi bagi 30 RTM

Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Permberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (UPK PNPM-MP) Ngudi Raharjo Kecamatan Lendah memberikan bantuan dana untuk lantainisasi bagi 30 Rumah Tangga Miskin (RTM). Dari 6 desa di wilayah Kecamatan Lendah, masing-masing mendapat jatah 5 RTM sebagai penerima bantuan.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kulonprogo H Toyo Santso Dipo dalam bentuk sertifikat penyelesaian pengerjaan lantainisasi, Senin (30/5) di Pedukuhan Pereng, Desa Bumirejo, bersamaan dengan kunjungan kerja dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2011 di Kecamatan Lendah dan Galur. Dalam kunker tersebut Toyo didampngi oleh ketua TP PKK Hj Wiwik Toyo Santoso Dipo dan segenap kepala SKPD.

Menurut ketua UPK Ngudi Raharjo Eko Erawati SE, dana bantuan lantainisasi merupakan dana sosial dari surplus tahun 2010. Jumlah bantuan sebesar Rp. 67.908.600,- dan setiap RTM menerima Rp 2.160.900,-. Dana itu untuk pembelian material, peralatan dan upah tenaga kerja.

"Tujuan kami untuk membantu RTM agar bisa membangun rumah yang sehat, meski baru terbatas pada lantainya saja. Sehingga kesehatan mereka bisa lebih terjamin," tandas Eko.

Di bagian lain Eko menjelaskan, saat ini asset UPK Ngudi Raharjo mencapai Rp 3,8 milyar. Pemanfaat dana sebanyak 168 kelompok yang terseber di seluruh wilayah kKecamatan Lendah. Dengan jenis usaha meliputi simpan pnjam, peternakan, pertanian, idustri rumah tangga, perdagangan dan jasa. "Pada tahun 2010 surplus bersih mencapai Rp. 269.968.544,-, yang sebagian kami alokasikan untuk dana sosial," imbuhnya.

Bupati Toyo menyambuat baik bantuan yang diberikan oleh UPK Ngudi Raharjo. Sebab, katannya, lantai semen akan meminimalisir berjangkitnya penyakit, terutama yang disebabkan oleh cacing. "Kalau lantainya semen, cacing dan telurnya akan mati sehingga tidak akan menimbulkan penyakit," kata Toyo.(-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain