23 Mar 2019

Kabupaten Kulon progo - Kotawaringin Sepakati Kerjasama Pembangunan Daerah

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, menindaklanjuti kunjungan kerja (kunker) dari Pemkab Kulonprogo beberapa waktu lalu dengan melakukan kunjungan serupa ke Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dipimpin Plh. Bupati Drs. H. Muhctar, rombongan yang semua berjumlah 20 orang itu, disambut secara resmi oleh Bupati Kulonprogo H. Toyo Santoso Dipo bersama dengan Sekda Budi Wibowo, SH, MM bersama Kepala Dinas/Instansi lainnya di Gedung Joglo Pemkab Kulonprogo di Wates, Selasa (31/5).

Pertemuan tersebut juga menyepakati kerjasama lintas daerah ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antar kedua kabupaten terkait kebijakan pembangunan daerah.

Adapun kerjasama yang akan dirintis meliputi beberapa bidang seperti, ketenagakerjaan, transmigrasi, pertanian dan peternakan, perindustrian dan perkebunan, pariwisata, kerajinan dan beberapa bidang lainnya.

Nota Kesepahaman tersebut bersifat mengikat dan akan ditindaklanjuti dengan melakukan kerjasama yang berlaku 1 tahun sejak ditandatangani. Selanjutnya, bisa diperpanjang atau dihentikan sesuai kesepakatan kedua daerah.

Plh. Bupati Kotawaringin Drs. H. Muhctar mengungkapkan bahwa Kabupaten Kulonprogo memiliki banyak kesamaan dengan Kabupaten Kotawaringin, sehingga kerjasama sangat dimungkinkan dan diyakini mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah.

Dicontohkan, banyaknya lahan pertanian belum digarap secara maksimal di Kotawaringin, sedangkan Kulonprogo memiliki para petani yang andal. "Para petani tersebut nantinya bisa menularkan ilmunya kepada para petani di sana bagaimana cara bertani yang baik, sehingga produktivitas pertanian di Kotawaringin dapat meningkat," katanya.

Selain itu, rencana pembangunan yang selama ini telah berhasil dirintis pemkab Kulonprogo juga menjadi salah satu inspirasi dilakukannya kunjungan kerja. Seperti, rencana pembangunan dermaga perikanan, industri pasir besi, dan pembangunan bandara.

"Hal ini sangat menginspirasi kami, agar kami juga memiliki kemampuan untuk membuat kebijakan daerah yang bisa mendatangkan investasi baik dari dalam maupun luar negeri seperti yang telah dilakukan Kulonprogo," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo H. Toyo Santoso Dipo menyambut baik kunker tersebut dan mengatakan bahwa Kabupaten Kulonprogo siap melakukan kerjasama seperti yang telah disepakati.

Bupati menilai bahwa selama ini sebenarnya hubungan tersebut sudah terjalin karena banyak warga Kulonprogo yang berada di Kabupaten Kotawaringin seperti, para transmigran.

Selanjutnya, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tersebut diharapkan akan bisa menjadi payung hukum bagi kedua kabupaten dalam melakukan kerjasama pembangunan daerah. Karena banyak hal yang bisa dipelajari dari Kabupaten Kotawaringin untuk diterapkan di Kulonprogo, antara lain seperti pemetaan wilayah.

"Banyak ruas-ruas jalan di sana yang telah dirancang dengan baik. Meskipun belum sempurna namun kami melihat rencana yang baik dari pembangunan jalan-jalan tersebut," kata bupati.

Selanjutnya, kunker dilanjutkan dengan kunjungan lapangan menyaksikan pengembagan peternakan, kerajinan dan obyek wisata di Kulonprogo. (-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain