25 Aug 2019

PLTP BANYUMAS MENAMBAH DAYA TAWAR INVESTASI DI KULON PROGO

Kerjasama antara Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Banyumas sudah selayaknya dipererat seiring dengan perkembangan Kabupaten Banyumas yang sangat pesat, apalagi bila Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi sudah dibangun di Banyumas.

Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo dalam kunjungannya ke Kabupaten Banyumas, Rabu (16/2), mengatakan keberadaan PLTP tersebut akan menambah daya tawar Kabupaten Kulonprogo terhadap datangnya investasi karena industri yang akan dibangun di Kulonprogo, memerlukan daya listrik yang cukup tinggi.


"Paling tidak, keberadaan PLTP di Banyumas akan mengurangi kekhawatiran kurangnya pasokan listrik di Kulonprogo," ungkapnya.


Dalam kunjungannya ke Banyumas, Toyo S Dipo didampingi oleh Sekda Budi Wibowo, Assek I Nugroho, Assek II Sutedjo, Assek III Muqodas Rozie, beserta beberapa SKPD lainnya. Bupati beserta rombongan diterima langsung oleh Bupati Banyumas, Mardjoko, di Pendopo Si Panji, Kompleks Kantor Pemerintahan Kabupaten Banyumas.


Dalam sambutannya, Bupati Mardjoko menceritakan perkembangan Kabupaten Banyumas empat tahun terakhir, perubahan organisasi kabupaten hingga rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi, yang memanfaatkan panas bumi di Batur Raden, lereng Gunung Slamet.


Eksplorasi untuk menjajagi potensi listrik dilakukan melalui kerjasama dengan PT Trinergy dan hasilnya memang ada potensi yang dapat dikembangkan untuk pembangkit listrik, yang rencananya berkekuatan 2 x 110 Mega Watt.


Menanggapi sambutan Mardjoko, Toyo S Dipo menyatakan bahwa keberhasilan Banyumas dalam menata daerahnya patut dijadikan pelajaran bagi pengembangan Kulonprogo di masa mendatang.


Dikemukakannya bahwa keberhasilan daerah lain bisa dijadikan contoh untuk mengatasi kekurangan Kulonprogo. Dengan saling "ngangsu kawruh" atau saling belajar tersebut, masing-masing daerah akan saling berlomba untuk mencapai keberhasilan.


Toyo S Dipo mengungkapkan bahwa Kulonprogo dan Banyumas merupakan sister city, yang akan saling membantu dalam mengembangkan kedua daerah. Toyo juga mengusulkan agar dibentuk semacam sekretariat bersama untuk mempermudah kerjasama dan pertukaran informasi yang diperlukan bagi dua kabupaten. (-)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain