24 Apr 2019

Pemkab Serahkan Infaq Ramadan Senilai Rp 44,8 Juta

Melalui gerakan infaq sebesar Rp 10 ribu-20 ribu untuk para PNS, TNI/POLRI dan BUMD di lingkungan pemkab Kulon Progo, panitia penyelenggara safari taraweh tahun 2010/1431 H pemkab Kulon Progo berhasil mengumpulkan infaq sebesar Rp 44,8 juta. Selain melalui gerakan infaq di instansi pemkab, panitia juga mengumpulkan infaq melalui pengumpulan infaq selama menyelenggarakan safari taraweh. Selanjutnya, infaq yang terkumpul sejumlah Rp 44,8 juta diserahkan sebagai santunan kepada anak yatim/piatu dan kaum duafa melalui lembaga-lembaga yang ada. Seperti, Lembaga Pemasyarakatan lapas), Panti Asuhan, Penyandang Cacat, Masjid/Mushola dan Pondok Pesantren (Ponpes).


Penyerahan santunan diserahkan secara langsung oleh Bupati Kulon Progo H. Toyo S Dipo Selasa (7/9), dalam acara penutupan safari taraweh tahun 2010/1431 H di Rumdin Bupati Kulon Progo. Sebelumnya, sebagai rangkaian acara dilaksanakan buka bersama dan solat taraweh berjamaah dengan imam KH. Syairudin dari Ponpes An Nadwa Bendungan, Wates. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wabup Drs. H. Mulyono, Muspida, Anggota DPRD Kulon Progo, Sekretaris Daerah Budi Wibowo, SH, MM, para pejabat eksekutif pemkab serta peserta yang lainnya.

Menurut laporan Ketua Panitia Penyelenggara Drs. H. Sutedjo Wiharso seluruh infaq yang terkumpul selama ramadan 2010 telah diserahkan kepada anak-anak yatim/piatu dan kaum duafa melalui lembaga-lembaga yang ada dengan perincian, Lapas sebesar Rp 950 ribu, Panti Asuhan Rp 11,25 juta, Penyandang Cacat Rp 4,55 juta, Masjid/Mushola Rp 24,26 juta dan Ponpes Rp 3,8 juta. "Kami harapkan semua yang kami berikan bisa bermanfaat bagi penerima dan sekaligus mampu mempererat persatuan dan kesatuan, meningkatkan rasa saling pengertian dan kebersamaan dalam membangun bangsa sesuai dengan posisi dan tugas masing-masing," katanya.


Selanjutnya, safari taraweh selama ramadan tahun 2010 dilaksanakan sebanyak 14 kali yaitu, pembukaan di Gedung DPRD Kulon progo, 12 kali di 12 kecamatan dan penutupan di Rumdin Bupati Kulon Progo. Dari safari tersebut, infaq yang terkumpul paling sedikit sebesar Rp 452 ribu dan paling banyak sebesar Rp 1,39 juta. Selain infaq ramadan panitia juga telah menyalurkan santunan melalui lembaga-lembaga yang lain seperti, Badan Amal Zakat (BAZ) sebesar Rp 160,5 juta, Penyaluran melalui Bagian Administrasi dan Kesra untuk 225 anak yatim piatu sebesar Rp 22,5 juta, Kaum rois sejumlah 1270 orang sebesar Rp 179,7 juta, Sarana ibadah Rp 12 juta, Penyaluran melalui Dinsosnakertrans untuk 400 lansia sebesar Rp 40 juta dan panti asuhan sebesar Rp 25 juta.


Sementara itu, Bupati Kulon Progo menyambut baik semua yang telah dilakukan oleh panitia ramadan tahun 2010. Diharapkan, apa yang telah dilakukan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi warga Kulon Progo yang benar-benar membutuhkan bantuan. Karena bulan ramadan merupakan bulan suci dimana kita sebagai umat muslim harus berusaha untuk memperbanyak amal ibadah agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.


Di sisi lain, kesempatan tersebut digunakan oleh Bupati untuk berpamitan dan meminta maaf selama ia menjabat Bupati Kulon Progo. Hal ini mengingat, masa pemerintahan Bupati Toyo S Dipo akan berakhir pada 23 Agustus 2011 mendatang. "Ini adalah waktu terakhir saya bisa melaksanakan penutupan safari taraweh dengan saudara semua. Karena untuk tahun yang akan datang (2011) mungkin saya tidak akan berdiri disini lagi seperti ini," lanjutnya. (-MC)

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain