23 Mar 2019

BUPATI HARAPKAN PERS BERPIHAK PADA EKONOMI KERAKYATAN

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Kulon Progo (PWK) menyelenggarakan Peringatan Hari Pers Nasional dengan mengusung tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Acara dihadiri oleh Bupati Kulon Progo dr.Hasto Wardoyo Sp.OG (K) dan wakil bupati Drs.H Sutejo, bertempat di ruang Adikarta kompleks Pemda Kulon Progo, Senin (11/2/2019). Dimeriahkan group keroncong Barji Barbeh dari Dinas Kebudayaan Kulon Progo.

Turut hadir Muspida, Pimpinan BUMD, pimpinan SKPD serta Camat seKulon Progo. Ketua PWK Asrul Sani. Serta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY Drs. Sihono M.Si,  sekaligus narasumber dalam acara tersebut.

Dalam sambutanya Ketua PWK Asrul Sani mengatakan rangkain memperingati hari pers, PWK sukses mengelar kegiatan bertajuk Bhakti Sosial bedah rumah di Kecamatan Kokap, Minggu (10/2/2019) dan pada hari ini PWK memberikan Apresiasi dan Penghargaan.

“PWK akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh masyarakat Kulon Progo yang berkomitmen tinggi dalam pembangunan. Dengan kriteria yang telah ditentukan yakni kordinatif, inspiratif, kreatif dan Inovatif,” jelasnya.

Apresisasi dan penghargaan diberikan kepada tokoh masyarakat Kulon Progo oleh PWK, yang memberikan sumbangsih besar untuk Kabupaten Kulon Progo, diantaranya Umbuk Haryanto adalah salah satu pengrajin batik khas Kulon progo Geblek Renteng, Sri Wuryanti pengerak seni Angguk Kulon Progo, F. Nangsir Soenanto, SP sebagai pengerak mewujudkan harmoni keberagaman masyarakat, Agung Kurniawan, SIP, M.Si kepala Dinas Penanaman Modal dalam komitmenmya mewujudkan keterbukaan informasi buplik dan dr.Hasto Wardoyo, SP. OG Bupati Kulon Progo sebagai pemimpin komunikatif dan inspiratif.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo saat memberikan sambutannya dalam acara HPN, pers dinilai sangat penting bagi pemerintah daerah Kulon Progo.

“Pers sangat penting bagi pemerintah daerah karena sebagai jembatan sekaligus menjadi penyampai informasi berbagai program pembangunan pemerintah melalui media massa,“ kata Hasto

Hasto menambahkan tema pers tahun 2019 ini sejalan dengan program – program pemerintah dalam bidang ekonomi yang sedang di galakan. Keberadaan pers di Kabupaten Kulon Progo selama ini sudah menunjukkan pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan dan kemajuan berbagai sektor, termasuk UKM.

Kehadiran pers sangat berperan dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan, kritik dan saran kepada pemerintah. Pers turut menyajikan informasi penting terkait ekonomi kerakyatan, seperti penyampaian berita – berita produk lokal dan inovasi daerah.  

Ketua PWI Sihono memberikan gambaran tentang kondisi wartawan saat ini, seperti tidak memiliki Ideologi.

“Wartawan saat ini sudah terseret kapitalis dan liberal. Seperti tidak memiliki ideologi, wartawan dituntut untuk intropeksi diri jangan hanya membuat, mencari berita ke narasumber, tetapi juga peduli dengan rakyat miskin sebagai wujud partisipasi wartawan.” Kata Sihono.  

Sihono menambahakan kepedulian terhadap masyarakat sebagai salah satu fungsi ideologi serta menjaga kesatuan NKRI dan menjalankan tugas – tugas kewartawanan tetap memakai hati nurani dan tetap pada nilai – nilai Pancasila.

 

Tags :  
Kulon Progo
 
HPN
 
Pers
 

Berita Terkait

SubDomain